Berita Bekasi Nomor Satu

Jumlah Pencaker Makin Tinggi

ILUSTRASI:Pencaker mengisi biodata untuk membuat kartu kuning di Dinas Ketenagakerjaan Kota Bekasi, belum lama ini. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Jumlah pencari kerja (Pencaker) bakal terus meningkat seiring bertambahnya lulusan baru, khususnya di tingkat Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan (SMA/SMK) di Kota Bekasi.

Plt Wali Kota Bekasi menyebut, tahun 2022 ini diperkirakan akan ada 21.000 lulusan baru untuk tingkat SMA/SMK di Kota Bekasi. Lulusan baru itu tentunya juga mempengaruhi jumlah peserta para pencari kerja di Kota Bekasi.

Hal itu disampaikannya pada rapat koordinasi Disnaker, stakholder terkait bersama 52 perusahaan di Kota Bekasi belum lama ini. Hal itu juga berkaitan dengan peran pemerintah meningkatkan keahlian dan keterampilan sehingga SDM Kota Bekasi dapat bersaing dan siap bekerja.

“Dari informasi yang saya dapat jumlah lulusan baru 2022 di tingkat SMA dan SMK itu mencapai 21.000 orang, oleh karenanya kita sebagai pihak Pemerintah harus dapat membantu memfasilitasi mereka. Minimal mereka mendapat pelatihan khusus untuk bekerja sampai mereka dinyatakan siap untuk dipekerjakan,” ucap Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto.

Selain itu Tri juga menyampaikan apresiasi atas sinergitas Pemerintah, stakeholder dan perusahaan yang telah turut serta berpartisipasi mensukseskan program peningkatan mutu dan kualitas SDM. Kedepannya ia berharap bisa lebih banyak lagi perusahaan-perusahaan yang di Kota dan Kabupaten Bekasi turut serta berkolaborasi.

“Saya apresiasi betul sinergitas ini yang telah terjalin, semoga kedepannya lebih banyak lagi perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam kolaborasi ini, sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM dan menekan jumlah pengangguran di Kota Bekasi,” tutup Tri. (one).