Siapkan Perbup Aplikasi Bebeli untuk Pelaku UMKM

APLIKASI UMKM : Warga sedang melihat website bebeli.bekasikab.go.id, yangmerupakan aplikasi untuk pembelian produk UMKM, di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Kamis (14/7). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dalam rangka memberikan peluang bisnis atau pertumbuhan ekonomi masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mulai merancang Peraturan Bupati (Perbup) sebagai regulasi untuk menjual produk-produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), melalui aplikasi Bekasi Berani Beli (Bebeli).

Aplikasi tersebut merupakan inovasi khusus bagi untuk pelaku UMKM yang berdomisili di Kabupaten Bekasi.


“Memang aplikasi tersebut belum dilaunching, dan baru masih tahap sosialisasi. Kami akan buat terlebih dahulu Perbup-nya sebagai regulasi atau dasar hukum,” kata Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, Kamis (14/7).

Ia menjelaskan, aplikasi tersebut untuk mengakomodir para pelaku UMKM yang berdomilisi di Kabupaten Bekasi. Selanjutnya, nanti akan diwajibkan bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) menggunakan aplikasi tersebut untuk berbelanja produk-produk UMKM.


“Kami akan mewajibkan seluruh ASN belanja produk UMKM melalui aplikasi itu. Sebab, ini merupakan inovasi daalam memajukan UMKM di Kabupaten Bekasi,” terang Dani.

Diharapkan, dengan adanya aplikasi ini, para pelaku UMKM bisa dengan mudah memasarkan produknya. Kemudian, warga pun dapat dengan mudah membeli produk hasil karya asli warga Kabupaten Bekasi.

“Sesuai dengan arahan Presiden RI, untuk meningkatkan pembelian produk dalam negeri, maka harus dilakukan pengembangan, strateginya melalui e-katalog dan toko daring buatan sendiri, yaitu Bebeli,” ujar Dani.

Disampaikan Dani, Bebeli disusun oleh Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi, bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi, dan Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik Kabupaten Bekasi.

Bebeli merupakan pengembangan dari e-katalog BPBJ yang semula hanya berfungsi untuk pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Bekasi. Sekarang, dikembangkan menjadi marketplace yang bisa digunakan untuk warga secara luas.

“Ini merupakan bagian dari inovasi yang terus dikembangkan. Tujuannya, untuk membantu para pelaku UMKM. Warga pun tinggal mengunduh aplikasinya melalui gawai dengan mudah,” ucap Kepala BPBJ Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha.

Bebeli akan menyediakan berbagai macam produk UMKM Kabupaten Bekasi, mulai dari makanan, pakaian maupun perabotan rumah.

Iman menerangkan, bagi warga ataupun ASN bisa membuka link https://bebeli.bekasikab.go.id. Begitu juga bagi para UMKM yang ingin memasukkan produknya.

Para pelaku UMKM ini merupakan binaan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi.

“Namun tidak tertutup, bagi para pelaku UMKM secara umum untuk memasukkan produknya ke website tersebut. Asalkan memang produknya UMKM dari Kabupaten Bekasi,” tegas Iman.

Ditambahkannya, penyusunan aplikasi Bebeli ini, dilakukan sesuai kebutuhan warga saat ini, dan dapat dengan mudah digunakan seperti marketplace pada umumnya.

Konsumen hanya tinggal membuka aplikasi, memilih produk, menetapkan lokasi pengiriman lalu membayar.

“Setelah dibayar, nanti barangnya dikirim. Jadi seperti marketplace pada umumnya,” beber Iman.

Menurutnya, dengan adanya aplikasi Bebeli, Kabupaten Bekasi menjadi daerah pertama di Jawa Barat yang memiliki marketplace sendiri. Bahkan pada tingkat kabupaten/kota di Indonesia, marketplace serupa hanya dimiliki oleh dua daerah, yakni Kota Surabaya dan Kabupaten Tanah Laut.

Sedangkan di tingkat provinsi hanya ada DKI Jakarta, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Barat. Lalu di tingkat kementerian, baru terdapat di Kementerian BUMN, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Iman menyatakan, rancangan Bebeli sudah memasuki tahap akhir. Kini, pihaknya tinggal menunggu regulasi berupa Perbup sebagai landasan hukum beroperasinya Bebeli.

“Diharapkan, dalam satu atau dua bulan ke depan sudah terbit Perbup-nya, sehingga bisa digunakan untuk belanja produk UMKM,” pungkasnya. (and)