LG Dukung Fasilitas Kelas Industri SMKN 1 Warungasem

GUNTING PITA: Marketing and Relations Director LG Electronics Indonesia, Jay Jang, bersama perwakilan dari SMKN 1 Warungasem, Batang, Jawa Tengah, menggunting pita saat peresmian Ruang Praktikum LG yang merupakan program LG Loves School 2022, Selasa (19/7). DOK.LG/RADARBEKASI.ID

 

RADARBEKASI.ID, BATANG – PT LG Electronics Indonesia (LG) melalui program LG Loves School, memberikan dukungan pendidikan berupa kelas industri pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Warungasem, Batang, Jawa Tengah.


Program Corporate Social Responsibility (CSR) ini, sekaligus mendukung upaya revitalisasi SMK, untuk mencetak lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri.

Perusahaan yang berpusat di Korea Selatan ini, juga memberikan dukungan dalam bentuk dua ruang praktek kelas industri dan sejumlah perangkat elektronik sebagai pendukung proses pembelajaran jurusan Teknik Pendinginan dan Tata Udara sekolah kejuruan tersebut.


“Melalui pilar CSR LG yang lebih menitikberatkan pada peningkatan kualitas pendidikan, kami berharap fasilitas ini dapat memberikan peningkatan kompetensi siswa yang diperlukan saat melangkah ke dunia kerja,” ucap Marketing and Relations Director LG Electronics Indonesia, Jay Jang, dalam keterangan tertulis yang diteriam radarbekasi.id, Selasa (19/7).

Kata dia, kelas industri ini juga didukung perangkat penyejuk ruangan, dan perangkat pendingin penyimpan bahan makanan. Untuk perangkat penyejuk ruangan terbagi menjadi dua bagian. Dimana ada AC untuk hunian LG DualCool with Watt Control, dan juga AC bagi bangunan komersial yang meliputi AC Floor Standing dan AC Cassette. Sementara disisi lain, LG juga memberikan freezer, kulkas satu pintu, kulkas dua pintu serta kulkas premium kategori side by side.

 “Keseluruhannya merupakan jajaran seri produk terbaru LG, yang mewakili perkembangan terkini perangkat elektronik, yang berhubungan dengan pendinginan dan tata udara,” beber Jang.

Lanjutnya, dengan dukungan perangkat elektronik terbaru LG ini, kompetensi siswa didik meningkat, sehingga siap memasuki dunia kerja nanti.

Dukungan pada sekolah kejuruan ini sekaligus merupakan komitmen LG, dalam memperluas cakupan program LG Loves School, sebagai salah satu pilar CSR perusahaan.

Dukungan ini juga menjadi kali pertama bagi LG memberikan dalam bentuk perangkat elektronik, yang berhubungan dengan pendinginan dan tata udara. Sebelumnya, LG Loves School, lebih memfokuskan pada dukungan perangkat multimedia bagi peningkatan laboratorium komputer sekolah.

“Upaya perluasan inisiatif sosial perusahaan ini mewakili komitmen kami, untuk mendukung dan bersinergi dengan pemerintah, dalam mengembangkan kompetensi tenaga kerja Indonesia,” tutur Jang.

Sementara Kepala SMKN 1 Warungasem, Suyanta, mengapresiasi kerja sama dengan LG. Ia menjelaskan, Kelas Industri merupakan follow up dari Inpres nomor 9/2016, terkait revitalisasi SMK. Dimana diharapkan SMK bisa menghadirkan lulusan yang kompeten dan tersertifikasi sesuai kebutuhan industri.

Dengan adanya sertifikasi ini, nantinya lulusan pengembangan kelas industri akan punya daya saing global. Sehingga, nantinya lulusan memiliki etos kerja sesuai kebutuhan industri, serta berkesempatan untuk bekerja hingga ke luar negeri.

“Tak hanya bantuan peralatan, ada beberapa yang dikerjasamakan. Seperti sinrkonisai kurikulum, guru magang di industri, guru tamu, ada kunjungan industri, praketk kerja industri sampai enam bulan, kemudian sertifikasi. Harapannya, program ini berakhir dengan rekrutmen tenaga kerja. Karena dengan adanya kelas ini, lulusan sudah kompeten di bidang ke LG-an,” ujar Suyanta. (bis)