Pj Bupati Bongkar Pasang Plt Pimpinan OPD

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Setelah merotasi dan melantik lima pejabat eselon II, Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan kembali membongkar pasang sejumlah jabatan Pelaksana tugas (Plt) kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi.

Informasi yang dihimpun Radar Bekasi, ada beberapa jabatan Plt yang berganti. Diantaranya, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang awalnya Eman Sulaeman, diganti menjadi Rahmat Atong, Plt Kepala Dinas Perindustrian, yang awalnya Iwan Ridwan, menjadi Doni Sirait, Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) yang awalnya Iya Priatna, diisi Hudaya.


Kemudian, Plt Direktur RSUD Cibitung yang awalnya, Lyla menjadi Arif. Sedangkan di beberapa dinas tidak ada pergantian. Sedangkan Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan, tetap dijabat oleh Nur Chaidir, serta Plt Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Beni Saputra.

Anggota Tim Penilai Kinerja Aparatur Sipil Negara (KASN), Ma Supratman menuturkan, adanya kebijakan pergantian Plt kepala OPD, untuk mengisi kekosongan jabatan yang fungsinya menjalankan roda organisasi, serta menjalankan program yang sudah direncanakan.


“Jadi, hal ini dilakukan hanya untuk penyegaran saja. Sebab, untuk mengisi kepala OPD definitif, harus melalui proses, yaitu open bidding. Karena masa jabatan Plt ini kan hanya tiga bulan, jadi perlu diisi kembali dengan plt kepala perangkat daerah,” terang Supratman.

Sementara itu, Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan menjelaskan, pada dasarnya tugas Plt adalah melaksanakan tugas-tugas rutin yang menjadi kewenangan pejabat dimaksud.

“Tujuan saya adalah, untuk menjalankan roda organisasi sesuai apa yang sudah direncanakan. Jadi, tugasnya untuk menyelesaikan permasalahan pada dinas dinas tertentu, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi),” ucap Dani. (and)