11 Artefak Peninggalan Rasulullah Dipamerkan

LIHAT PEDANG : Warga melihat salah satu artefak pedang peninggalan Nabi Muhammad SAW, yang dipamerkan di Gedung Juang 45 Tambun, Kabupaten Bekasi, Minggu (7/8). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dari sekian banyak artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat, 11 diantaranya dipamerkan di Gedung Juang 45 Tambun, Kabupaten Bekasi. Sejumlah pengunjung merasa haru dan meneteskan air mata saat melihat karpet raudhah yang digunakan Rasulullah SAW sehari-hari berjalan dari rumahnya ke mimbar Masjid,.

Karpet berwarna coklat ini merupakan satu dari belasan peninggalan Nabi Muhammad yang dipajang pada pameran artefak Rasulullah SAW dan para Sahabat di komplek Gedung Juang 45 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.


“Hati saya luluh melihat bagian dari keagungan Rasulullah SAW. Saya menjadi merasa begitu dekat dengan beliau,” kata salah seorang pengunjung yang sengaja datang dari Karawang, Nur Huda (58), untuk melihat pameran barang-barang peninggalan Nabi Muhammad itu.

Sebagai seorang muslim, Nur mengaku sangat mengagumi Nabi Muhammad. Shalawat dan salam selalu tercurahkan pada nabi akhir zaman ini.


Untuk itu, tatkala mengetahui bahwa ada pameran peninggalan nabi, dia tidak pikir panjang untuk datang. Ia berharap, melalui pameran tersebut, bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk menambah kecintaan masyarakat, khususnya umat muslim terhadap Rasulullah SAW dan para sahabatnya.

Ia sangat mengidolakan Nabi Muhammad, karena beliau merupakan rahmat bagi alam semesta.

Menurut Nur, tidak semua negara memiliki koleksi peninggalan sang nabi. Untuk itu, dia merasa beruntung berkesempatan melihat koleksi peninggalan Rasulullah SAW.

“Setahu saya nggak banyak negara yang menyimpan barang-barang asli seperti ini. Kalau mau lihat kan jauh dan mahal. Makanya mumpung ada di Bekasi, jadi saya langsung datang,” ucap Nur.

Selain karpet, terdapat koleksi lainnya berupa sorban, pedang, alas kaki, tongkat, jenggot hingga kain penutup makam. Terdapat pula darah Nabi Muhammad yang diyakini bekas beliau melakukan pengobatan bekam.

Ketua Penyelenggara Pameran Artefak Rasulullah dan Sahabat, Habib Ahmad menjelaskan, barang-barang peninggalan Nabi Muhammad yang dipajang di Museum Gedung Juang Bekasi, didatangkan dari negara Malaysia.

Pemilik 11 artefak yang dipajang di pameran merupakan milik seorang kolektor asal negara jiran yang biasanya disimpan di museum pribadi bernama Galeri Warisan MAR.

“Barang-barang ini milik seorang bernama Abdul Manan bin Embong yang merupakan seorang profesor di negara Malaysia,” terang Ahmad.

Diakui Ahmad, Abdul Manan juga merupakan seorang ahli arkeolog yang mendedikasikan keilmuannya untuk mencari barang-barang peninggalan di masa peradaban Islam.

“Artefak ini punya beliau, Dikumpulkan oleh beliau dari beberapa negara, misalnya dari Syiria, Yaman, Arab Saudi dan lainnya,” beber Ahmad.

Disampaikannya, Abdul Manan kini telah memiliki sebanyak 300 artefak yang ditengarai sebagai barang-barang asli peninggalan Rasulullah SAW dan para sahabatnya.

“Koleksi yang beliau punya mencapai 300 artefak, tapi yang didatangkan ke Indonesia hanya sebanyak 70 artefak saja. Kemudian yang diperlihatkan di pameran ini hanya 11,” tandasnya.

Pihaknya sebagai panitia berharap, melalui pameran ini, bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk menambah kecintaan mereka terhadap Rasulullah SAW dan sahabatnya.

“Pameran artefak Rasulullah ini kami selenggarakan untuk menambah keimanan dan kecintaan umat muslim kepada Baginda Muhammad, juga untuk mengajarkan masyarakat mengenai peradaban Islam saat zaman Nabi Muhammad,” pungkas Ahmad. (and)