Kolaborasi dengan PMI, LG Dorong Kebiasaan Mencuci Sehat

AMBIL CUCIAN: President of LG Electronics Indonesia, Lee Taejin dan Ketua PMI Jakarta Selatan, Abdul Haris, mengambil pakaian dari mesin cuci LG yang dilengkapi dengan teknologi TurboWash, dalam program cuci pakaian gratis bagi masyarakat, melalui kegiatan Mencuci Sehat Bersama LG. DOK.LG/RADARBEKASI.ID

 

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – PT LG Electronics Indonesia (LG), mengadakan program cuci pakaian gratis bagi masyarakat, melalui kegiatan Mencuci Sehat Bersama LG.


Selain menyentuh pada inisiatif sosialnya, LG juga memanfaatkan kegiatan ini dalam memberikan pengetahuan untuk mendorong kebiasaan mencuci dengan higienis dan hidup sehat.

Kegiatan yang berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) ini, akan berlangsung sepanjang empat hari, dari 11 Agustus pada empat lokasi berbeda di seputaran Jakarta, Tangerang dan Bekasi.


Berturut-turut penyelenggaraan dimulai dari Lapangan Flamboyan di Lenteng Agung, Lapangan Pos di Jakarta Timur, Lapangan voli Ivogas di Depok serta Lapangan Warga di Tangerang Selatan.

“Jelang musim penghujan, selain kemungkinan bencana dan munculnya berbagai penyakit akibat perilaku hidup kurang higienis dengan penggunaan air tak layak, pun masih menjadi perhatian kami,” kata President of LG Electronics Indonesia, Lee Taejin, dalam keterangan tertulis yang diterima radarbekasi. id, Kamis, (11/8).

Ia menjelaskan, dengan layanan cuci pakaian gratis yang menjadi salah satu pokok kegiatan ini, pihaknya berharap dapat membantu masyarakat yang membutuhkan, untuk menggunakan pakaian bersih untuk mendukung kesehatan.

Kegiatan Mencuci Bersih Bersama LG ini, dilaksanakan sebagai bagian dari pilar aksi Corporate Social Responsibility (CSR) LG di Indonesia, yaitu LG Loves Indonesia. Selain perhatian pada sektor pendidikan berupa peningkatan fasilitas pendidikan yang dilakukan perusahaan pada berbagai sekolah sebelumnya, aksi CSR LG Loves Indonesia, juga ditujukan untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat agar hidup sehat.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya, yakni dengan menyediakan makanan sehat serta dukungan perangkat wearable air purifier bagi tenaga kesehatan di rumah sakit.

Sementara itu, untuk mendukung kegiatan Mencuci Sehat Bersama LG, perusahaan menurunkan beberapa unit perangkat mesin cuci, dan pengering pakaian canggihnya.

Mesin cuci front loading LG dengan kapasitas 20 kilogram ini, mampu membersihkan pakaian dengan lebih mendalam dari allergen melalui fitur LG Steam, serta perawatan pakaian lebih baik berkat terapan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence – AI).

Selain itu, mesin cuci LG ini juga dilengkapi dengan teknologi TurboWash, sehingga membutuhkan waktu 49 menit untuk menyelesaikan satu siklus pencucian. Tidak hanya memangkas waktu pencucian, teknologinya juga dapat menekan penggunaan air pada saat proses mencuci.

“Perilaku lebih bersih dan sehat saat mencuci, baik dengan tangan maupun mesin cuci ini, masyarakat yang menjadi peserta, juga akan mendapat sosialisasi pengetahuan terkait pentingnya penggunaan air bersih dalam berbagai kegiatan, untuk mendukung kesehatan,” terang Lee Taejin.

Disampaikan Lee Taejin, hal ini dilakukan sejalan dengan kampanye besar yang diusung pemerintah, yaitu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Untuk mensosialisasikan hal ini, LG berkolaborasi dengan PMI.

Pelaksanaan perdana Mencuci Sehat Bersama LG ini dihadiri Ketua PMI Jakarta Selatan, Abdul Haris. Dia menyambut baik pelaksanaan inisiatif sosial LG ini.

Pasalnya, pakaian bersih merupakan kebutuhan yang tidak bisa diabaikan oleh sebagian masyarakat, dan kerap mengalami hambatan karena tidak adanya air bersih. Terlebih ketika bencana banjir.

“Ini merupakan kolaborasi antar institusi yang saling memperkuat. Saat LG membantu warga untuk mencuci pakaian saat musibah banjir yang menjadi solusi tepat meringankan beban warga, di saat bersamaan, PMI hadir memberikan bantuan kemanusiaan lainnya sesuai dengan tugas pokok PMI,” ucap Haris.

Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi juga memberikan apresiasi. Menurutnya, bersanding dengan pentingnya sinergi antara perusahaan dan lembaga di Pemerintah, rancangan ini juga dibuat untuk menghasilkan sinergi pesan lebih baik.

“Selain pentingnya pakaian bersih dan higienis, bijak dalam menggunakan air bersih untuk mencuci menjadi penting. Hal ini, karena banyak kegiatan sehari-hari yang membutuhkan air bersih,” terang Rustam.

Dia melanjutkan, dengan sinergi antarinstitusi sekaligus pada pesan yang disampaikan, bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam menyerap kampanye. Sekaligus menerapkannya dalam keseharian, sehingga akan menciptakan perubahan perilaku lebih baik dalam mendukung kesehatan hidup masyarakat. (bis)