GP Ansor Sambut Baik Turnamen Antar Ponpes

Illustrasi Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas saat memberikan orasi pada Apel Kebangsaan Virtual, Minggu (29/11). Foto JawaPos.com

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Gerakan Pemuda Ansor (GP) Ansor Kabupaten Bekasi, menyambut baik rencana Polres Metro Bekasi, yang akan mengadakan event turnamen sepak bola antar Pondok Pesantren (Ponpes), saat memperingati Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 22 Oktober mendatang.

Rencana tersebut, diadakan agar perayaan HSN lebih semarak di Kabupaten Bekasi.


“Kalau kami dari GP Ansor, pada prinsipnya setuju, selama kegiatan itu baik dan positif,” ujar Sekretaris GP Ansor Kabupaten Bekasi, Himawan Abror, kepada Radar Bekasi, Rabu (24/8).

Bahkan, pria yang akrab disapa Tole ini mengungkapkan, GP Ansor siap membantu apabila dibutuhkan dalam event turnamen sepak bola tersebut. Hanya saja, Tole menyarankan, agar semua Ponpes di Kabupaten Bekasi bisa dilibatkan.


“Harapan saya, semua Ponpes harus dilibatkan, karena ini berkaitan dengan hari besar santri. Supaya momentum HSN itu benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh para santri yang ada di Kabupaten Bekasi,” saran Tole.

Lanjutnya, perlu ada pembinaan berkelanjutan untuk para santri yang berprestasi. Karena walau bagaimanapun, santri ini merupakan salah satu benteng Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sehingga perlu ada perhatian khusus, agar prestasinya bisa lebih dikembangkan lagi.

“Harapan saya, ada semacam pembinaan berkelanjutan bagi santri yang berprestasi, sehingga bisa lebih komprehensif,” terangnya.

Sebelumnya, Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan menginisiasi untuk mengadakan event sepak bola antar ponpes yang ada di Kabupaten Bekasi, saat memperingati HSN pada 22 Oktober 2022 mendatang.

Namun menurut Gidion, hal itu masih didiskusikan bersama para tokoh dan pengurus ponpes, agar bisa diikuti oleh seluruh santri.

“Memang rencana kegiatan ini untuk memperingati HSN, tapi perlu diskusi dengan tokoh-tokoh dan pengurus ponpes, apa yang perlu kami fasilitasi,” ujar Gidion kepada Radar Bekasi, belum lama ini.

Rencana tersebut disambut baik oleh para pimpinan ponpes, agar perayaan HSN di Kabupaten Bekasi bisa lebih semarak dan meriah lagi pada tahun 2022 ini.

“Saya setuju dengan rencana kegiatan itu,” tutur Pemimpin Pondok Pesantren Al- Baqiyatussholihat, KH Jamaludin, saat diminta tanggapan. (pra)