4 Trik Efektif Membagi Waktu Kuliah dan Organisasi

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Mengatur waktu dengan baik merupakan hal penting bagi mahasiswa. Mereka harus bisa menyelesaikan semua tugas perkuliahan yang banyak dengan baik dan tepat waktu.


Belum lagi jika harus mengikuti kegiatan organisasi di luar dan di dalam kampus. Mau tidak mau harus pandai-pandai membagi waktunya dengan baik agar semua tanggung jawab perkuliahan dan organisasi  berjalan seimbang.

Mahasiswa yang mengikuti kegiatan organisasi dituntut multitasking dalam menyelesaikan semua tugas-tugasnya. Bagaimana tidak, di tengah jam kuliah yang sibuk dan padat, tetap harus meluangkan waktunya untuk organisasi. Tentu mereka memiliki tanggung jawab yang sama-sama penting sehingga harus menjalankan keduanya secara bersamaan.


Berikut 4 triks efektif membagi waktu kuliah dan organisasi:

1. Tentukan Skala Prioritas

Tentukan mana yang menjadi prioritasmu saat ini. Mungkin, kamu yang berada di semester awal cenderung tertarik mengikuti banyak organisasi karena merasa beban perkuliahan belum terlalu berat dan banyak waktu kosong. Berbeda dengan kamu yang berada di semester akhir, dengan beban sks yang mulai padat dan tugas kuliah yang dirasa semakin berat. Kamu akan memprioritaskan tugas akhir kamu ketimbang organisasi. Tak jarang juga dari mereka memutuskan untuk pensiun dari kegiatan organisasi.

Tanpa bermaksud menyepelekan salah satu di antaranya, kamu dapat menentukan ke mana arah prioritasmu sesuai dengan kondisi kamu saat ini. Dengan begitu, kamu jadi tahu sebesar apa skala prioritasmu terhadap keduanya.

2. Membuat Jadwal Harian

Aktivitas yang padat terkadang membuatmu lupa aktivitas apa yang harus kamu lakukan selanjutnya. Tak jarang juga, beberapa tugas penting harus dikerjakan ketika sudah mepet deadline, atau bahkan kamu tidak punya cukup waktu untuk mengerjakannya dan harus melewatkannya.

Tentu kamu tidak ingin kehidupan perkuliahan dan organisasi berantakan akibat hal ini, maka kamu dapat mulai menyusun jadwal harian.

Dengan skala prioritas, kamu bisa menentukan ke mana perhatianmu harus ditujukan lebih dulu.

Buatlah jadwal pada media yang kamu suka, pada buku agenda, pengingat digital atau kamu bisa menggunakan Google Calendar yang praktis.

3. Fleksibel

Jangan terpaku kepada jadwal yang sudah kamu buat, jika pada kenyataannya jadwal yang kamu buat tidak sesuai rencana, maka kamu harus bisa fleksibel dalam memanfaatkan dan mengalokasikan waktumu untuk kegiatan penting lainnya.

Yang harus diingat, jadwal yang kamu susun dapat berubah sewaktu-waktu dan kamu harus selalu siap untuk itu.

4. Istirahat Cukup

Padatnya aktivitas tak jarang membuatmu kelelahan dan bahkan membuatmu jatuh sakit. Padahal, masih ada segudang aktivitas yang menunggumu esok hari.

Semua menjadi berantakan ketika kamu sakit. Maka dari itu kamu juga perlu istirahat yang cukup agar kesehatanmu tetap terjaga.

Semangat muda untuk seluruh mahasiswa yang sedang sibuk menata hidup!

Itulah 4 trims efektif membagi waktu antara kuliah dan organisasi. (mg.6)