Ratusan Calon Panwascam Dites

TES: Calon anggota panwascam sedang menjalani tes tulis di lab Fakultas Teknik Unisma 45.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi gelar proses lanjutan tahapan rekruitmen calon anggota pengawas kecamatan (panwascam), berupa tes tertulis di Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Islam (Unisma) 45 Kota Bekasi,Sabtu (15/10) kemarin.

Total, sebanyak 300 orang calon panwascam dari 12 kecamatan se-Kota Bekasi mengikuti tahapan tersebut, terdiri dari 210 laki-laki dan 90 perempuan yang sebelumnya dinyatakan telah lolos tahapan persyaratan administrasi.


Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Choirunnisa Marzoeki mengatakan, tahapan tes tertulis calon anggota panwascam dilakukan secara online berbentuk CAT. Adapun dari total 300 orang yang terdaftar untuk mengikuti proses ini, sebanyak 32 orang dari 10 kecamatan tak hadir, sehingga jumlah peserta yang ada dan ikut dalam tes tertulis, adalah 278 orang.

“Tes tulis kami bagi 4 sesi, dimulai dari pukul 08.00 wib sampai 16.00 wib. Masing-masing sesinya sekitar 75 orang,” kata Nisa, sapaan akrab pimpinan Bawaslu Kota Bekasi, pada Minggu (16/10).


Menurut Nisa, kegiatan tes tulis ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dengan rentang waktu dari mulai Jumat-Minggu, 14-16 Oktober 2022. Namun, khusus untuk Kota Bekasi hanya dilaksanakan selama satu hari saja, pada Sabtu (15/10).

“Jadi, kegiatan ini serentak se-Indonesia dan untuk hasilnya sendri nanti akan dikeluarkan Bawaslu RI, antara Senin atau Selasa. Jadi, kita tidak bisa mengintervensi hasilnya,” ucap Nisa.

Lebih jauh, diakui Nisa, dalam tes tertulis ini para calon anggota panwascam yang bakal dinyatakan lolos untuk mengikuti tahapan berikutnya, yakni tahapan tes wawancara itu masing-masing akan diambil 6 orang setiap kecamatannya, artinya dari total peserta ini hanya akan diambil sebanyak 72 orang untuk mengikuti tes selanjutnya.

“Dari total enam calon yang lolos tes tulis di setiap kecamatan ini, di tes wawancara nanti baru akan ditetapkan tiga orang yang bakal terpilih menjadi anggota panwascam di tiap kecamatan untuk bertugas di Pemilu 2024 mendatang,” tandasnya. (mhf)