Caleg Golkar Harus Siapkan ‘Isi Tas’

ilusrasi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Calon Legislatif (Caleg) yang akan diusulkan DPD Partai Golkar Kabupaten Bekasi harus mempersiapkan diri untuk ‘mengisi tasnya’.

Pasalnya, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bekasi, Akhmad Marjuki, akan mengontrol isi tas setiap Caleg yang akan mencalonkan diri di partai yang dipimpinnya ini. Selain melihat kapabilitas dan kapasitas dari masing-masing Caleg.


“Jadi kapabilitas, kapasitas, termasuk isi tasnya yang harus kita kontrol juga,” ujar Akhmad Marjuki usai dilantik sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bekasi periode 2020-2025, Sabtu (15/10/2022).

Untuk mencapai target 14 kursi legislatif pada pemilu 2024 mendatang, dirinya harus melihat Caleg mana saja yang benar-benar berpotensi. Hal itu mengingat, karena 14 kursi bukan angka yang kecil. Apabila dibandingkan dengan kursi legislatif saat ini hanya tujuh kursi, hampir dua kali lipat.


“Saya kira kita harus melihat mana kira-kira Caleg yang potensi, karena angka 14 kursi ini bukan angka yang kecil. Dari tujuh, kita ditergetkan 14 kursi, ini kan harus akrobat. Bukan hanya asal mencalonkan Caleg saja,” katanya.

Oleh karena itu, untuk menentukan Caleg yang akan diusulkan, dirinya akan melakukan seleksi khusus. Bahkan, dirinya sendiri akan mencalonkan diri sebagai Caleg provinsi pada pemilu 2024 mendatang.

“Sudah pasti ada seleksi khusus, mangkanya tidak mudah dan tidak asal mencatumkan nama Caleg begitu saja. Kebetulan saya ditugaskan partai disuruh maju jadi Caleg provinsi,” ucapnya.

Dirinya menilai, target 14 kursi memang terlalu besar. Namun demikian, bukan berarti tidak bisa dicapai. “Kita mempunyai target terlalu besar, yakni 14 kursi. Tapi hal itu bukan berarti tidak mungkin kita raih, sepanjang kita bisa kompak, solid, dan bersama-sama bekerja keras. Jadi tidak saling mengandalkan,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, TB Ace Hasan Syadzily meminta, semua kader Partai Golkar Kabupaten Bekasi solid, kompak, untuk kemenangan Partai Golkar di tahun 2024. Untuk sekarang kata Ace, segera membentuk fungsionaris, mulai proses seleksi terhadap Caleg, kemudian diturunkan ke daerah. Dengan begitu, partainya bisa memperkirakan kemenangan.

“Dari situ bisa segera untuk memperkirakan kemenangan kita di setiap Dapil itu berapa kursi. Tadi target 14, maka kita harapkan nanti di setiap Dapil sudah ada jumlah target kemenangan itu,” ucapnya saat menghadiri acara pelantikan kepengurusan dan Rakerda DPD Partai Golkar Kabupaten Bekasi.

Sekarang, di internal partainya sedang dalam tahap mengumpulkan, menseleksi fungsionaris 200 persen. Setelah itu nanti mereka akan di didik dan akan diturunkan ke masing-masing Dapil.

“Nanti kami akan nilai sejauh mana mereka bekerja serius untuk kemenangan partai. Setelah itu baru kita akan tentukan 100 persen, siapa yang akan dicalonkan oleh partai Golkar,” ucapnya. (pra)