Lurah Bahagia Khoirul Anwar Respon Cepat Keluhan Warga

Lurah Bahagia Khoirul Anwar saat menerima penghargaan. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI Perkembangan teknologi dan keterbukaan informasi menjadi peran penting pemangku kebijakan untuk menjalankan roda pemerintahan hingga lingkup terkecil. Hal itulah yang dimanfaatkan oleh Lurah Bahagia, Kecamatan Babelan, Khoirul Anwar. Perkembangan teknologi dan akses media sosial benar benar dimanfaatkan putra asli Kabupaten Bekasi ini.

Medsos menjadi penyambung informasi tentang program dan kinerja pemerintah serta merespon cepat keluhan di tengah masyarakat.


Selama dua tahun bertugas, Kelurahan Bahagia memiliki tim khusus yang bertugas mengelola media sosial. Keseriusan ini yang membuat instagram Kelurahan Bahagia menjadi sarana komunikasi utama warga dan pihak kelurahan. Kelurahan menyiarkan informasi program baik tingkat nasional hingga kelurahan. Sedangkan warga dapat dengan mudah menyampaikan berbagai keluhan yang langsung direspon oleh pihak kelurahan.

“Memang sisi responsif ini menjadi titik penting. Karena walaupun medsosnya aktif tapi keluhan tidak ditindaklanjuti menjadi percuma. Maka setiap keluhan langsung kami tindaklanjuti. Kami gali informasi dari warga, lalu terjun ke lokasi untuk ditangani,” kata Anwar yang sudah meraih penghargaan dalam Pengelolaan Media Sosial di Pemkab Bekasi.


Beragam keluhan ditindaklanjuti, mulai dari infrastruktur hingga masalah sosial. “Pernah ada keluhan jika ada tetangga yang tidak sengaja menyiram kucing. Lalu kami mediasi agar kembali kondusif,” ucap suami dari Ajeng Cintya ini.

Lurah Bahagia Khoirul Anwar

 

Atas keberhasilannya memaksimalkan peran media sosial, ayah dari Muhammad Araf Purichta Anwar dan Asyafia Alana Anwar ini menyabet berbagai penghargaan. Pertama, Kelurahan Bahagia menjadi juara pertama kategori pengelolaan media sosial paling responsif di tingkat Jawa Barat 2022. Lalu pada kategori yang sama di tingkat Kabupaten Bekasi. Terakhir, dirinya pun diganjar sebagai ASN Inspiratif tingkat Kabupaten Bekasi 2022.

Berangkat dari media sosial, dia berharap jarak antara pemerintah dengan warga bisa terus erat. “Kami pun terus berinovasi melalui berbagai unggahan agar sisi informatif dapat dipenuhi dan pelayanan publik pun lebih baik,” kata dia.

Kelurahan Bahagia dalam waktu dekat akan meluncurkan tiga aplikasi sekaligus. Ketiga aplikasi tersebut bisa diunduh melalui Google Play, di dalam perangkat Android.

Ketiga aplikasi itu, adalah Pasar Rakyat Bahagia (PRB), Mitra Rakyat Bahagia (MTB) dan Go BaRide.

Dijelaskan Anwar, aplikasi Pasar Rakyat Bahagia adalah aplikasi untuk mengetahui produk-produk yang dipasarkan oleh pelaku UKM yang telah mendaftarkan produknya di aplikasi tersebut.

Sedangkan aplikasi Mitra Rakyat Bahagia (MRB) adalah aplikasi nama-nama pemilik produk yang terdaftar pada aplikasi tersebut. Dan aplikasi GO BaRide adalah aplikasi untuk mendaftar menjadi driver ojek online. Warga Kelurahan Bahagia, kata Anwar, bisa menggunakan jasa ojek online melalui Go BaRide.

“Semua produk yang dipasarkan maupun warga yang memasarkan produk merupakan warga yang tinggal atau berdomisili di Kelurahan Bahagia. Jadi, dari warga untuk warga, dengan tujuan untuk pertumbuhan ekonomi warga,”katanya.

Sebagai daerah santri, Anwar juga memasang tiang Asmaul Husna di sepanjang Jalan KH Tajuddin. Menentukan titik pemasangan CCTV hingga terpasang 10 titik Closed Circuit Television dan terbentuknya ruang Command Center.

Adapun torehan yang diraihnya selama tahun 2022. Diantaranya, Juara 1 pada Lomba Inovasi dan Sinergitas Tingkat Kabupaten Bekasi, Terbaik 1 pada Pengelolaan Media Sosial Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Kemudian, Penghargaan Pegawai ASN Teraktif dan  Inspiratif Bermedia Sosial Kategori Pejabat Pengawas atau Sub Koordinator di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi Tahun 2022 yang ditorehkan Lurah Bahagia @khoanwarr

Juara 1 pada Lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) Tingkat Kecamatan Babelan.

“Prestasi – prestasi yang ditorehkan Pemerintah Kelurahan Bahagia tentunya merupakan suatu langkah maju dalam pengelolaan wilayah yang selaras. Dengan tujuan pembangunan dan tentunya tidak terlepas dari peran warga masyarakat dalam berkolaborasi untuk menciptakan wilayah Kelurahan Bahagia Maju,”ucapnya.(and)