Berita Bekasi Nomor Satu

Antusias Daftar Mudik Gratis

TUNJUKAN TIKET: Calon pemudik menunjukan tiket mudik gratis usai melakukan validasi di Terminal Kayuringin, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Selasa (14/3). Kementerian Perhubungan mengadakan program mudik gratis dengan tujuan 28 kota di Indonesia dari tanggal 13 Maret sampai 14 April 2023. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah sudah membuka pendaftaran mudik gratis jauh-jauh hari, bahkan sebelum puasa Ramadan. Sejak dibuka pendaftaran 13 Maret 2023, sejumlah warga mulai menyerbu lokasi pendaftaran di Terminal Kayuringin, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Selasa (14/3). Bahkan mereka rela menunggu sebelum posko pendaftaran dibuka.

Pantauan Radar Bekasi kemarin, puluhan warga sudah ramai mendatangi posko. Posko ini berfungsi untuk membantu mengarahkan dan memvalidasi ulang proses pendaftaran para pemudik yang sebelumnya sudah mendaftar melalui situs resmi Kemenhub.

Kasi Angkutan Tidak Dalam Trayek Dishub Kota Bekasi, Permana mengatakan mudik gratis merupakan program dari Kementrian Perhubungan dengan wilayah tujuan yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera.

“Ada 28 tujuan titik arus mudik yang terbagi, dan ada delapan kota untuk arus balik. Untuk kegiatan ini sendiri mulai dari tanggal 13 Maret sampai dengan 14 April,” ucap Permana saat ditemui di lokasi, Selasa (14/3).

Kementerian Perhubungan, sambung Permana, menyiapkan kuota sebanyak 24 ribu warga yang ingin mudik gratis di wilayah Jadetabek ( Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi)

“Ada 24 ribu, terbagi dari beberapa kota. Jadi kami ada 459 bus yang terdiri dari 44 bus pariwisata dan 32 bus AKAP,” jelas dia

Kemungkinan tujuan pemudik yang paling dominan ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat.
Adapun kata dia, untuk pemberangkatan mudik gratis nantinya ada di tiga wilayah, yakni Depok, Tangsel dan Jakarta

“Iya jadi gini titik pemberangkatan nya disini ada di Terminal Jatijajar Depok, Pondok Cabe Tangsel, dan Terminal Pulogebang jadi diarahkan kesana. Sebelum berangkat, mereka harus memvalidasi kembali karena kan ada barcode,” jelas dia

Tidak hanya untuk arus mudik, Kementrian Perhubungan juga menyediakan bus untuk arus balik, namun tidak semua kota yang disediakan, dari 28 kota tujuan arus mudik, hanya delapan kota yang disediakan untuk arus balik.

“Untuk bus ini ada pemberangkatan, jadi itu kan ada scan ulang barcode kalo memang untuk pulang pergi ya tiketnya berlaku. Dari 28 itu gak semua, hanya melayani dari delapan kota yang tujuan arus balik,” ucapnya

Delapan kota tujuan arus balik tersebut terdiri dari wilayah, Cirebon, Surabaya, Madiun, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo dan Wonogiri.

Salah satu warga, calon pemudik tujuan Wonogiri, Tri Ningsih merasa terbantu dengan adanya program mudik gratis dari Kemenhub.

“Saya sih merasa terbantu banget karena lumayan uangnya bisa buat keperluan lain di kampung,” ujarnya

Bahkan kata Tri, dirinya sudah ikut program mudik gratis ini sebanyak dua kali dengan tujuan ke Wonogiri

“Saya sudah dua kali ikut mudik gratis ini, tahun kemarin juga, tujuannya ke wonogiri, naiknya dari terminal pulogebang, kalo kemarin dari kampung rambutan, sedapetnya aja,” beber dia (rez)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin