Berita Bekasi Nomor Satu

Ratusan Jabatan Kosong Akhirnya Terisi

PROSES PELANTIKAN: Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, melakukan proses pelantikan ratusan pejabat dari eselon II, III, dan IV, di Aula KH Noer Ali, Gedung Bupati Bekasi, Kecamatan Cikarang Pusat, akhir pekan lalu. . DOK.HUMAS/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kekosongan jabatan pada ratusan posisi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, mulai dari tingkat eselon II, III, dan IV kini sudah terisi.

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengakui, sejak 16 pejabat eselon II dilantik yang merupakan hasil seleksi terbuka (open bidding), selama bertahun-tahun ada ratusan jabatan kosong.

Menurut pengamat politik dan pemerintahan Universitas Islam 45 Bekasi, Harun Alrasyid, terselesaikannya persoalan kekosongan jabatan ini tidak terlepas dari komitmen kepala daerah. Kata dia, sejak awal dilantik, Pj bupati telah berkomitmen untuk menyelesaikan berbagai persoalan di Kabupaten Bekasi, salah satunya kekosongan jabatan.

“Sudah sejak lama kekosongan jabatan ini tidak bisa diselesaikan. Padahal, untuk menjalankan program kerja pemerintah, kekosongan jabatan menjadi penghambat untuk memberikan layanan kepada masyarakat. Persoalannya, bagaimana bisa program kerja maksimal, apabila kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) banyak yang kosong. Saat ini, dengan terisinya posisi itu, maka kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa lebih maksimal,” beber Harun.

Ia menyarankan, ASN di lingkungan Pemkab Bekasi, harus bisa untuk mengejar ketertinggalan program kerja yang selama ini belum tercapai.

“Seperti pelayanan publik, tentu akan lebih maksimal, karena formasi pejabatnya sudah lengkap. Jadi, tidak ada lagi alasan. Termasuk pembangunan infrastruktur dan lain sebagainya. Pak Dani sebagai Pj bupati pun kini sudah memiliki banyak pasukan untuk melanjutkan tugasnya,” terang Harun.

Seperti diketahui, proses panjang pengisian jabatan ini ditutup dengan pelantikan terhadap 179 pejabat administrator dan pengawas, berdasarkan surat keputusan nomor: KP.03.03/Kep.557-BKPSDM/2023 untuk jabatan administrator dan nomor: KP.03.03/Kep.558-BKPSDM/2023 untuk jabatan pengawas. Keduanya tertanggal 30 Maret 2023. Dari 179 pejabat itu, 98 di antaranya merupakan promosi.

Usai melantik, Dani Ramdan memastikan seluruh formasi jabatan di lingkungan Pemkab Bekasi, sudah terpenuhi. Dengan demikian, roda pemerintahan daerah bisa berjalan dengan optimal.

“Saat ini formasi jabatan sudah lengkap semua, otomatis mesin roda organisasi bisa berjalan lebih cepat. Dan tidak ada lagi alasan jabatan kosong, sehingga kerjanya juga harus maksimal,” harap Dani. (and)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin