Berita Bekasi Nomor Satu

Festival Adu Bedug dan Dondang 2023 Mustikajaya Digelar Minggu Ini, Yuk Datang dan Ramaikan  

ADU BEDUG: Sejumlah peserta menabuh bedug saat penilaian festival adu bedug dan dondang di Stadion H.Natrom Nursyamsu Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, Minggu (22/5). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Festival Adu Bedug dan Dondang 2023 Kelurahan Mustikajaya akan digelar Minggu, 21 Mei 2023. Bertempat di Stadion H Natrom Nursyamsu Kelurahan Mustikajaya Kecamatan Mustikajaya Kota Bekasi, acara akan dimulai pukul 09.00 WIB

“Selain Adu Bedug dan Dondang, akan dimeriahkan Bazar UMKM, hiburan Wayang Golek malam Minggu, dan Pencak Silat Bang Jiung,” kata Lurah Mustikajaya, Mochamad Sunaryadi kepada radarbekasi.id, Rabu (17/5/2023).

Menurut Adhie-sapaannya-Bedug dan Dondang merupakan salah satu warisan budaya Mustikajaya. Festival Bedug dan Dondang rutin dilaksanakan setiap tahun selepas Idulfitri sebagai upaya melestarikan budaya dan silaturahmi, kini telah memasuki pelaksanaan ke-16.

Awalnya, Bedug adalah sebagai sarana hiburan rakyat dan ajang silaturahmi berkumpulnya masyarakat selepas Idulfitri. Sedangkan Dondang merupakan istiadat yang mana sejarahnya seserahan yang diberikan oleh pengantin perempuan kepada pengantin laki-laki berupa makanan dan kue khas Mustikajaya.

 

Makanan tersebut seperti sayur gabus pucung, bekakak ayam, sayur soun. Adapun kuenya seperti dodol, wajik, geplak, uli, serta makanan pengantar lainnya.

 

Adhie berharap, Festival Adu Bedug dan Dondang bisa merangkak ke tingkat nasional. Meskipun di masing-masing wilayah banyak Bedug dan Dondang, tapi hanya di Mustikajaya yang berbeda dari lain.

 

“Dari segi budayanya, seninya, dan perakitannya,” ucapnya.

Adhie mengajak masyarakat Mustikajaya untuk datang dan meramaikan Festival Adu Bedug dan Dondang 2013 ini. (oke)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin