Berita Bekasi Nomor Satu

Pembangunan Rawa Binong Dilakukan Bertahap

SITU BINONG: Foto udara Situ Rawa Binong yang berada di Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, bakal melakukan pembangunan Situ Rawa Binong secara bertahap. Hal itu dikarenakan ada beberapa destinasi wisata untuk dibangun.

Menurut Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Bramantyo, untuk pembangunan Situ Rawa Binong terlebih dahulu meminta rekomendasi dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dan Kementerian PUPR.

“Sebelumnya kami sudah dapat rekomendasi, meskipun secara wilayah ada di Kabupaten Bekasi, karena secara asetnya milik Kementerian PUPR. Oleh sebab itu harus mendapatkan persetujuan,” ucapnya.

Namun dalam rekomendasi tersebut, kata pria yang akrab disapa Bram ini, apabila Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi ingin menata Situ Rawa Binong sebagai destinasi wisata untuk masyarakat serta pertumbuhan ekonomi, catatan dari BBWS tidak diperbolehkan untuk membangun secara permanen.

“Dengan keterbatasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi, melalui APBD Pemkab Bekasi Rp 100 juta, untuk membangun space pemancingan dan taman,” bebernya.

Dengan anggaran terbatas itu, lanjut Bram, bisa memperindah di wilayah Situ Rawa Binong, dan membuat fasilitas pemancingan bagi masyarakat.

“Untuk tahun depan, kami berencana membangun wisata kuliner. Tujuannya, selain destinasi dan pertumbuhan ekonomi, maka dibangunnya secara bertahap, dan menyesuaikan kemampuan keuangan daerah,” terang Bram. (and)