Berita Bekasi Nomor Satu

Auto2000 Gelar Uji Emisi Gratis di 22 Cabang

UJI EMISI: Mekanik di salah satu bengkel Auto2000, melakukan uji emisi pada kendaraan pelanggan. IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Meski pemerintah sudah menghentikan sistem tilang uji emisi, namun masyarakat perlu mengetahui untuk lulus uji emisi menjadi salah satu syarat perpanjangan masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bermotor.

Oleh karena itu, Auto2000 menggelar uji emisi gratis di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, dari 4 September hingga 31 Desember 2023. Uji emisi gratis ini berlaku untuk seluruh mobil Toyota dengan usia penggunaan berapapun.

“Auto2000 memberikan layanan uji emisi gratis untuk mendukung upaya Pemprov DKI Jakarta, untuk menurunkan tingkat polusi udara, salah satunya yang dihasilkan oleh gas buang kendaraan bermotor,” ujar Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, dalam keterangan tertulis yang diterima Radar Bekasi, Jumat (22/9) lalu.

Ia menjelaskan, uji emisi merupakan pengukuran gas buang kendaraan bermotor untuk mendeteksi kinerja mesin kendaraan. Dan uji emisi mesin bensin difokuskan pada kadar Hidrokarbon (HC) dan Karbon Monoksida (CO) dalam meningkatkan akibat pembakaran mesin yang kurang sempurna.

Sementara untuk mesin diesel, lanjut pria yang akrab disapa Tara ini, uji emisi difokuskan pada tingkat kepekatan (opasitas) gas buang yang akan semakin tinggi ketika sistem pembakaran mesin bermasalah. Mobil yang telah lulus uji emisi ini, akan didaftarkan ke sistem informasi milik Pemprov DKI Jakarta, yang berlaku selama satu tahun.

“Jika mobil belum lulus uji emisi, maka Service Advisor (SA) akan disarankan untuk melakukan perbaikan yang dibutuhkan. Biaya jasa dan parts pengganti di tahapan ini menjadi tanggung jawab pelanggan, kecuali dilakukan bersamaan dengan servis berkala,” ucap Tara.

Ada pun 22 bengkel Auto2000 di wilayah DKI Jakarta yang memberikan layanan uji emisi gratis mobil Toyota, yaitu, Tebet Supomo, Tebet Saharjo, Wahid Hasyim, Yos Sudarso, Kelapa Gading, Cempaka Putih, Garuda, Salemba, Jayakarta, Puri Kembangan, Pluit, Daan Mogot, Kapuk, Kramat Jati, Kalimalang, Pramuka, Lenteng Agung, Permata Hijau, Cilandak, Krida, Ciledug, dan Radio Dalam.

Tara memastikan, tidak ada biaya untuk program yang berlaku hingga 31 Desember 2023 ini. Pelanggan yang merasa dirugikan karena dipungut biaya, dapat menghubungi cabang bersangkutan, dan akan diambil tindakan sesuai aturan perusahaan,” tegas Tara.

Kata dia, untuk mengikuti layanan ini, konsumen dapat melakukan booking melalui Auto2000 Digiroom, atau langsung customer service cabang Auto2000 terdekat. (and)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin