Berita Bekasi Nomor Satu

Sabet Puluhan Penghargaan Sepanjang 2023, Halo BCA Buktikan Konsistensi Kualitas

RADARBEKASI.ID, BEKASI – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) semakin mengukuhkan prinsip customer first dengan deretan prestasi yang berhasil diperoleh Halo BCA sepanjang tahun 2023. Dalam setahun terakhir, kualitas Halo BCA mendapat setidaknya puluhan penghargaan bergengsi dari dalam negeri hingga tingkat global.

Teranyar, BCA melalui Halo BCA berhasil memborong puluhan penghargaan sekaligus di ajang Global Contact Center World Awards 2023 (GCCWA 2023) baik di level Asia Pasifik maupun dunia. Prestasi ini pun semakin lengkap dengan keberhasilan BCA merengkuh predikat Grand Champion ke-12 kali dalam ajang The Best Contact Center Indonesia (TBCCI).

Gelaran GCCWA Asia Pacific 2023 dilaksanakan pada pertengahan Juli lalu di Nusa Dua, Bali. Di ajang tersebut BCA berhasil meraih penghargaan berbagai kategori, seperti Industry Champion Awards, Dream Team Awards, 24 penghargaan kategori Corporate, 32 penghargaan kategori Individual, dan 7 penghargaan Team dengan total perolehan medali sebanyak 41 Gold, 17 Silver, dan 5 Bronze. Selain itu, BCA juga meraih penghargaan untuk kategori prestisius, yaitu Best Mega Contact Center, Best in Customer Service, Best Technology Innovation, Best Contact Center Design, dan Best Crisis Management Campaign.

Sementara itu di ajang GCCWA 2023 tingkat global yang diselenggarakan di Portugal bulan November lalu, BCA meraih 53 penghargaan sekaligus berupa 10 Certified World Class Awards, 22 penghargaan di kategori corporate, 14 penghargaan individual, dan 6 penghargaan tim. Pencapaian tersebut pun menobatkan BCA sebagai juara dunia Contact Center World yang ke-14 kalinya.

Tidak hanya dalam Global Contact Center World Awards 2023, BCA juga meraih prestasi dalam The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) 2023 pada bulan September 2023, di Jakarta. Ajang ini mendapuk BCA sebagai peraih Grand Champion untuk edisi tahun ini. Dengan perolehan tersebut, BCA telah menyabet predikat juara umum 12 kali berturut-turut sejak pertama kali Indonesia Contact Center Association (ICCA) menggunakan skema Grand Champion pada 2012 silam. Dalam kompetisi ini, BCA berhasil meraih 61 medali yang terdiri dari 25 Medali Platinum, 17 Medali Gold, 12 Medali Silver dan 7 Medali Bronze.

“Seluruh keluarga besar BCA sangat berbahagia dan bangga dengan raihan prestasi yang berhasil BCA dapatkan. Ini semua merupakan bukti dari seluruh komitmen BCA khususnya kepada para nasabah kami melalui prinsip customer first. Seluruh nasabah BCA menjadi fondasi dan inspirasi kami dari segala prestasi yang berhasil kami raih. Kami percaya bahwa dengan mengutamakan nasabah, kami dapat mencapai yang terbaik dalam memberikan pelayanan perbankan yang unggul,” ujar Wakil Presiden Direktur BCA, Armand W. Hartono, dalam keterangan tertulis yang diterima radarbekasi.id, Minggu (31/12).

Ia menyampaikan, Global Contact Center World Awards (GCCWA) merupakan kompetisi tahunan yang mempertemukan praktisi contact center terbaik dari negara-negara di dunia. Ajang prestisius ini diikuti oleh lebih dari 80 negara dan lebih dari 2.000 peserta. Pelaksanaan GCCWA 2023 dibagi secara regional, yakni regional Eropa, Timur Tengah, Afrika, Amerika, serta Asia Pasifik. BCA telah berpartisipasi di GCCWA sejak 2009 dan tidak pernah gagal membawa pulang penghargaan selama 14 tahun keikutsertaannya.

Sementara The Best Contact Center Indonesia (TBCCI), adalah kompetisi dan ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA), untuk mengapresiasi praktisi contact center di Indonesia.

Tahun ini, ICCA memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai “Kompetisi Layanan Pelanggan oleh Praktisi Terbanyak” dengan partisipan sebanyak 1.089 peserta dari berbagai perusahaan dan organisasi di seluruh Indonesia.

Selain keberhasilan di GCCWA 2023 dan TBCCI 2023, di awal tahun 2023, aplikasi Halo BCA juga turut menyokong BCA meraih penghargaan Customer Engagement Gallup Global untuk kedua kalinya, karena aplikasi ini dinilai berhasil mendukung BCA mendapatkan kepercayaan nasabah melalui layanan prima yang menawarkan kenyamanan bertransaksi dan ketersediaan 24 jam bagi nasabah.

Halo BCA sendiri telah lama hadir menjadi layanan call center BCA, untuk memberikan bantuan serta informasi produk bagi nasabah dan non-nasabah BCA. Seiring dengan perkembangan digital dan perilaku konsumen masa kini, Halo BCA berkembang menjadi aplikasi Halo BCA yang dapat diunduh gratis di PlayStore atau AppStore.

Selain itu, Halo BCA juga hadir dalam bentuk sosok artificial intelligent bernama VIRA. Kedua layanan ini dapat dimanfaatkan seluruh nasabah BCA tanpa batas waktu. Dengan aplikasi Halo BCA, nasabah dapat memanfaatkan fasilitas VoIP Call untuk menghubungi customer center BCA kapan saja dan di mana saja, bahkan ketika mereka sedang berada di luar negeri sekalipun tanpa khawatir terkena biaya pulsa.

Selain VoIP Call, masih ada berbagai fitur lain yang ditawarkan oleh aplikasi Halo BCA, antara lain fasilitas Chat, E-mail dan Twitter.

“Kami memberikan apresiasi yang mendalam kepada seluruh tim yang telah bekerja keras dan berdedikasi dalam mencapai prestasi ini. Prestasi luar biasa yang diraih oleh Halo BCA sepanjang tahun 2023 adalah manifestasi dari komitmen Halo BCA untuk terus mengukir nama Indonesia di tingkat global secara berkelanjutan. Tanpa kerja keras dan semangat kolaborasi seluruh keluarga besar BCA, pencapaian luar biasa ini, tidak akan terwujud. Kami dari keluarga besar BCA pun berharap, dapat terus menunjukkan kinerja positif dalam memberikan pelayanan optimal untuk nasabah BCA di Tanah Air,” tandas Head of Contact Center & Digital Services BCA, Wani Sabu. (bps)