Berita Bekasi Nomor Satu

KPU Kota Bekasi Buka Pendaftaran PPK untuk Pilkada Serentak  

Kantor KPU Kota Bekasi. AHMAD PAYRUDZ/RADAR BEKASI  

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi mulai melakukan seleksi terbuka calon anggot Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada Serentak 2024.

Pendaftaran badan ad hoc dibuka mulai 23 hingga 29 April 2024. Jika kuota belum terpenuhi, terdapat opsi perpanjangan pendaftaran dari 30 April hingga 2 Mei 2024. Proses seleksi dilaksanakan dari 4 hingga 14 Mei 2024, dengan penetapan calon anggota PPK pada 15 Mei dan pelantikan pada 16 Mei mendatang.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Bekasi, Afif Fauzi, mengkonfirmasi pembukaan pendaftaran anggota PPK pada Selasa (23/4) mulai pukul 14.00 WIB.

“Ya hari ini 23 April (kemarin) kita buka, sampai 29 April. Kita buka selama 7 hari pendaftaran anggota PPK,” kata Afif sapaan akrabnya kepada Radar Bekasi, Selasa (23/4/2024).

Proses penerimaan dan seleksi diakui mirip dengan proses rekrutmen untuk Pilpres dan Pileg sebelumnya. Masyarakat yang ingin mendaftar sebagai anggota PPK diminta membuat akun di Siakba.kpu.go.id.

“Saat pendaftaran sudah memiliki akun nanti akan ketahuan tinggalnya dimana akan ke klik. Akan di sesuaikan di domisilinya. Jika di Bekasi Timur akan ditempatkan di Bekasi Timur,” ujarnya.

Sementara ini, KPU baru membuka pendaftaran untuk anggota PPK. Sedangkan untuk PPS akan dibuka pada Mei 2024.
Untuk anggota PPK diperuntukkan bagi 12 kecamatan se-Kota Bekasi dengan estimasi kuota 60 orang untuk kebutuhan satu kecamatan 5 orang anggota PPK.

Hari pertama pendaftaran, sedikitnya ada 20 orang yang melakukan pendaftaran dari rentang usia 17 hingga 55 tahun.

“Tadi terdata sudah ada 20 orang yang masuk mendaftar. Kita juga belum bisa memastikan apakah ada incumbent yang daftar. Intinya kalau semua anggota PPK sudah terpenuhi tidak akan ada perpanjangan pendaftaran. Kita akan pastikan tujuh hari kedepan pendaftaran,” tukasnya. (pay)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin