Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

Jaga Keandalan Pasokan Listrik, Tim PDKB PLN Bekasi Laksanakan Pemeliharaan Jaringan Tanpa Padam  

Tim PDKB PLN UP3 Bekasi. FOTO: PLN UP3 BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi selalu memastikan listrik tetap dapat dinikmati oleh pelanggan, meskipun sedang ada kegiatan pemeliharaan jaringan, salah satunya adalah dengan melakukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Tegangan Menengah (TM).

Manager PLN UP3 Bekasi, Donna Sinatra, menjelaskan tim PDKB merupakan salah satu tim pasukan khusus milik PLN yang bertugas untuk melaksanakan pemeliharaan jaringan dengan risiko yang tinggi. Kegiatan pemeliharaan jaringan ini dilaksanakan tanpa padam dengan metode PDKB.

“Kegiatan pemeliharaan menggunakan metode PDKB ini sudah rutin dilaksanakan di Bekasi, yang bertujuan agar saat proses pemeliharaan jaringan listrik tidak perlu padam, sehingga pelanggan dapat terus menikmati aliran listrik dari PLN,” ungkap Donna, dalam keterangannya.

Sepanjang 2024 ini, PDKB PLN UP3 Bekasi telah melaksanakan kegiatan pemeliharaan di 201 titik kerja. Angka ini setara dengan jumlah 557.315 pelanggan dapat terhindar dari pemadaman listrik akibat dari pemeliharaan yang dilakukan.

Dari 557.315 pelanggan yang dapat terhindar dari pemadaman listrik akibat dari pemeliharaan yang dilakukan, sebanyak 963.307 kWh berhasil tetap disalurkan kepada pelanggan guna tetap menunjang kegiatan perekonomian masyarakat.

“Meskipun pekerjaan PDKB memiliki risiko tinggi, PLN selalu berupaya untuk tetap menjaga pasokan listrik ke pelanggan tetap terjaga sebagai wujud komitmen transformasi PLN,” jelas Donna.

BACA JUGA: Srikandi PLN Bekasi Ajak Pelanggan Gunakan Fitur SwaCam lewat PLN Mobile  

Tim PDKB PLN ini ditunjuk berdasarkan keahlian dan telah memiliki keterampilan khusus. Seluruh petugas di Tim PDKB telah memiliki sertifikasi dan peralatannya pun secara berkala telah dilakukan uji tera, uji kalibrasi dan pengecekan lainnya untuk menjaga keamanan dan keselamatan petugas yang nantinya akan menggunakannya.

“PLN UP3 Bekasi memiliki 1 tim PDKB dengan 8 personil yang terdiri dari satu Team Leader, satu Preparator, satu Pengawas K3 dan lima Linesman,” jelas Donna.

Pasukan khusus ini memegang teguh konsep zero accident atau nihil kecelakaan, patuh pada SOP, mengutamakan tim kerja, dan berpegang teguh pada profesionalisme kerja.

“Pekerjaan dengan metode PDKB memiliki potensi risiko yang sangat tinggi, bahkan taruhannya adalah nyawa petugas PLN sendiri. Mereka menyentuh jaringan yang masih teraliri listrik dengan peralatan dan perlengkapan khusus, sehingga cukup penting bagi kami untuk memastikan peralatan dan perlengkapan Tim PDKB sudah sangat aman untuk digunakan,” tambah Donna.

Di tempat terpisah, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Susiana Mutia menjelaskan bahwa pasukan PDKB merupakan petugas terlatih dan tersertifikasi untuk melakukan pemeliharaan, perbaikan, penggantian isolator/konduktor, maupun komponen lainnya pada jaringan listrik.

“Pasukan PDKB merupakan salah satu garda terdepan PLN dalam menjawab tantangan pemenuhan kebutuhan listrik berkualitas dan berkelanjutan. Berkat kerja keras PDKB, selama ini banyak masyarakat yang tetap dapat menikmati listrik meski sedan gada kegiatan pemeliharaan,” pungkas Susiana. (oke/*)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin