Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

DPT Pilkada Kota Bekasi 2024 Bakal Bertambah 26 Ribu Lebih Calon Pemilih

Ilustrasi Pilkada Serentak 2024.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kota Bekasi 2024 bakal bertambah 26 ribu lebih calon pemilih, tepatnya 26.043 ribu. Jumlah ini naik bila dibandingkan dengan DPT saat Pemilu 2024 lalu. Dari sebelumnya hanya 1.809.574 menjadi 1.835.617.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi, Taufik Rachman Hidayat mengungkapkan, penambahan jumlah pemilih dalam DPT Pilkada Kota Bekasi bersumber dari sejumlah data terbaru.

“Itu dari macam-macam. Karena kita menerima data tersebut dari Kemendagri. Ada yang pindah datang. Tapi yang lebih banyak itu remaja yang sudah bertambah usia dan memiliki hak pilih,” ungkap Taufik kepada Radar Bekasi, Selasa (28/5/2024).

BACA JUGA: DPT Kota Bekasi 1,8 Juta Pemilih, Segini Kenaikannya

Taufik mengatakan, saat ini data itu langsung dari Kemendagri dan Disdukcapil hanya tinggal menerima beres datanya. Terhitung dari tanggal 20 Mei sudah berkurang dua ribuan, mereka sudah cetak KTP. Saat ini tersisa 24 ribu orang yang belum cetak KTP.

“Kita sudah launching program dan memberikan data baru orang-orang yang terdata harus memiliki KTP kepada Lurah dan Camat. Supaya dapat merekam dan mencetak KTP orang-orang yang sudah terdata di Kita melalui Kemendagri,” ujarnya.

Taufik menambahkan, saat ini alat rekam sudah ada di 56 kelurahan. Tinggal bagaimana masyarakat atau orang yang sudah dikabarkan datang ke kelurahan untuk merekam dan mencetak KTP.

“Hingga saat ini kita sedang lakukan proses supaya 24 ribu orang yang belum melakukan perekaman KTP itu dapat melakukan perekaman. Cukup datang ke kantor kelurahan,’’ tandasnya. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin