Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

PLN Bekasi Berhasil Sambung 114 Pelanggan Home Charging

Petugas mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging PLN. FOTO: PLN UP3 BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi mendukung penggunaan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di Indonesia dengan meluncurkan program diskon tarif listrik sebesar 30 persen bagi pelanggan yang menggunakan home charging pada jam 10 malam hingga 5 pagi.

Langkah ini diambil sebagai bagian dari komitmen PLN dalam mendorong adopsi teknologi ramah lingkungan dan efisiensi energi di masyarakat.

Manager PLN UP3 Bekasi, Donna Sinatra, mengatakan bahwa program diskon ini merupakan komitmen nyata untuk memberikan kemudahan dan keuntungan khususnya bagi pelanggan yang memiliki kendaraan listrik. Diantaranya Promo Diskon Tarif sebesar 30 persen dan Promo Dsikon Pasang Baru Home Charging yang berlaku sampai dengan 31 Desember 2024.

“Dengan adanya diskon tarif listrik sebesar 30 persen pada jam 10 malam hingga 5 pagi bagi pelanggan yang menggunakan home charging dan diskon pasang baru home charging dari harga normal pasang baru 7.700 VA senilai Rp 8,5 juta, menjadi hanya Rp 850 ribu. Hal ini menjadi bukti PLN mendukung transisi menuju kendaraan yang lebih ramah lingkungan,” ujar Donna, dalam keterangannya Selasa (28/5/2024).

Donna menambahkan berkat transformasi digital yang berhasil dilakukan PLN, layanan home charging PLN kini dapat dengan mudah diakses masyarakat lewat aplikasi PLN Mobile. Tak hanya itu, PLN Mobile juga dibekali fitur Electric Vehicle Digital Services (EVDS) untuk mendukung berbagai kebutuhan pengendara kendaraan listrik.

“Lewat PLN Mobile, permohonan pasang baru listrik untuk home charging sangat mudah dan cepat. Cukup dilakukan dalam genggaman bahkan ada insentif yang diberikan yaitu diskon pasang baru maupun diskon tarif,” ungkapnya.

PLN juga terus berupaya untuk meningkatkan infrastruktur pengisian kendaraan listrik di rumah melalui kerja sama dengan sektor manufaktur.

BACA JUGA: Jaga Keandalan Pasokan Listrik, Tim PDKB PLN Bekasi Laksanakan Pemeliharaan Jaringan Tanpa Padam  

“Kami bekerja sama dengan produsen kendaraan listrik untuk menyediakan layanan home charging yang terintegrasi dengan sistem PLN Mobile. Hingga Triwulan I tahun 2024, PLN Bekasi telah berhasil melakukan pasang baru home charging pada 114 pelanggan,” terang Donna.

Salah satu pelanggan yang menjadi pengguna kendaraan listrik, Gilbert Giovani menyampaikan bahwa pemasangan listrik untuk home charging ini sangat cepat, tanpa berbelit, dan sangat mudah.

“Pemasangan home charging sangat cepat, bahkan balap-balapan sama plat nomornya, jadi lebih cepet listriknya. Banyak kemudahan juga (pakai mobil listrik), ganjil genap bisa lewat, terus diskonnya banyak,” ujar Gilbert.

Terpisah, General Manager Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Susiana Mutia menjelaskan pihaknya mendukung penuh akselerasi penggunaan kendaraan listrik di tanah air. Hal ini sejalan dengan upaya transisi energi dalam mencapai Net Zero Emissions (NZE) di tahun 2060 atau lebih cepat.

“Kami terus mendorong percepatan transisi energi di sektor transportasi. PLN sangat mendukung masyarakat yang ingin beralih dari kendaraan berbahan bakar fosil jadi kendaraan rendah emisi,” kata Susiana. (oke)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin