Berita Bekasi Nomor Satu

DLH Pantau Penggunaan Plastik saat Idul Adha

ilustrasi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi menyelipkan imbauan terkait pengendalian sampah plastik dalam momentum perayaan Hari Raya Idul Adha nanti. DLH berharap masyarakat mampu mengurangi penggunaan plastik sebagai wadah daging kurban nanti.

Kepala Bidang Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (PPKLH) Kota Bekasi, Andi Franky mengatakan, pengendalian limbah plastik pada momentum Idul Adha akan dipantau oleh Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) DLH masing-masing melalui aplikasi.

“Akan dipantau dan dilaporkan melalui aplikasi, pembagiannya menggunakan apa dan berapa banyak kemasan yang di bagikan,” tuturnya.

Sebelumnya laporan yang dibuat akan diterima oleh Bidang Persampahan dan limbah B3 melalui aplikasi yang tersedia. Dimana nantinya UPTD pada 12 kecamatan akan melaporkan hasilnya.

BACA JUGA: Operator Sekolah Diminta Bantu Pendaftar PPDB

Ditahun sebelumnya DLH kota Bekasi telah menerima hasil laporan pengurangan limbah sampah plastik, dimana masyarakat sudah menggantinya dengan beberapa wadah lain seperti keranjang bambu, daun pisang, tote bag, dan wadah makanan.

Diketahui menurut data yang dihimpun Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi di tahun 2023. Terdapat 13.812 titik lokasi pembagian daging dengan jumlah 448.490 paket pembagian hewan kurban tanpa menggunakan kantong plastik.

Lebih lanjut, DLH Kota Bekasi berharap pengurangan limbah sampah plastik ini dapat terus disosialisasikan dan juga di praktekkan dalam kegiatan rumah tangga sehari-hari.

“Menjadi satu langkah pembiasaan untuk mengurangi limbah sampah plastik,” pungkasnya. (dew)