Berita Bekasi Nomor Satu

Komisi X Minta 60 Persen Timnas Diisi Pemain Lokal, Warganet Geram

Ivar Jenner (paling depan) saat membela Timnas Indonesia. Foto: AFC.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA– Pada siaran Raker di Youtube DPR RI, banyak warganet yang beramai-ramai memberikan komentar kemarahan atas apa yang disampaikan oleh Anggota Komisi X DPR RI, Putra Nababan. Dalam siaran tersebut, Putra mengungkapkan harapan agar pemain timnas diisi oleh pemain non naturalisasi.

Banyak yang menganggap apa yang ia sampaikan seolah-olah tidak paham akan pemain naturalisasi juga tidak pernah menonton bola. Di sisi lain, Putra Nababan meminta agar Timnas Indonesia memberikan kesempatan pemain asli, agar mereka semakin semangat.

“Jika dilihat-lihat saat sedang bertanding, lebih banyak pemain naturalisasi daripada pemain nasional. Kalau bisa 60 persen pemain nasional yang bermain,” imbuhnya dalam rapat kerja Komisi X pada Senin (03/06) lalu.

BACA JUGA:Ketum KONI Kota Bekasi Ajak Cabor Tiru Timnas Soal Naturalisasi Atlet

Perlu diketahui, rapat kerja Komisi X dengan PSSI ini juga dilakukan untuk mengajukan naturalisasi Calvin Ronald Verdonk dan Jens Raven untuk memperkuat Timnas dalam kualifikasi Piala Dunia 2026.

Hal itupun ditanggapi oleh Erick Thohir selaku ketua PSSI, pemain yang membela tanah air adalah asli darah Indonesia. Dilansir melalui laman dpr.go.id, dua pemain yang diajukan sudah di setujui oleh Hetifah Sjaifudian wakil ketua Komisi X.

“Kami mengharapkan kepada Menpora RI untuk memastikan atlet-atlet ini memberikan kontribusi untuk prestasi timnas Indonesia dan memastikan urgensinya selaras dengan kepentingan nasional,” ujarnya.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Gagal ke Olimpiade Paris 2024, Ini Target Shin Tae Yong Berikutnya

Persetujuan tersebut ditanggapi oleh menteri Pemuda dan Olahraga Ariobimo Nandito Ariotedjo menyampaikan naturalisasi ini untuk menciptakan tim lebih kuat dengan menyatukan potensi terbaik sehingga memacu tim nasional untuk mengasah kompetensi diri dengan lebih baik. Di sisi lain, upaya tersebut juga akan mempertajam dan menguatkan mentalitas atlet. (ce1)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin