Berita Bekasi Nomor Satu

Kebutuhan Hewan Kurban Capai 1,97 Juta Ekor, Mentan: Insya Allah Aman

Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto, mengirimkan satu ekor sapi kurban ke Pondok Pesantren Attaqwa yang berada di wilayah Ujung Harapan Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi, Kamis (29/6/2023). 

RADARBEKASI.ID, JAKARTA– Berdasarkan catatan kementerian pertanian (Kementan), secara nasional, kebutuhan hewan kurban tahun ini mencapai 1,97 juta ekor. Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman memastikan kebutuhan tersebut dapat terpenuhi, bahkan surplus.

”Insya Allah aman. Cukup sampai Idul Adha nanti. Saya sudah terima laporannya, jumlahnya sangat cukup,” ujar Andi yang dikutip Jawapos.com, Minggu (9/6).

Dia mengatakan, saat ini ketersediaan hewan kurban, baik sapi, kerbau, kambing, maupun domba untuk Idul Adha mencapai 2,06 juta ekor sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Saat ini, lanjut dia, Kementan terus memonitor ketersediaan hewan kurban di seluruh daerah.

BACA JUGA:Sambut Idul Adha dengan Kenaikan Harga

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementan Nasrullah mengatakan, tidak hanya dari sisi ketersediaan, tetapi juga aspek kesehatan. Dia menurutkan, pihaknya telah melakukan berbagai langkah penting untuk memastikan kelancaran pelaksanaan kurban tahun ini.

Salah satunya, pengawasan sertifikat kesehatan ternak yang dilalulintaskan, hingga pemeriksaan ear tag untuk menjamin ternak telah teregister.

“Kami juga telah menerjunkan petugas kesehatan hewan di kabupaten dan kota untuk melakukan pengecekan rutin di penampungan ternak,” paparnya.

BACA JUGA:Sambut Idul Adha, Pertamina Salurkan 11,4 Juta Tabung LPG 3 Kilo Tambahan

Sementara itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan terkejut dengan melejitnya harga bawang di Pasar Karangayu Kota Semarang. Zulhas juga mempertanyakan alasan tingginya harga bawang merah yang berkisar di harga Rp 40-45 ribu per kilogram itu.

“Biasanya di Semarang itu kalau bawang lebih murah. Kemarin kami di Cilegon itu bawang Rp 35 ribu – Rp 40 ribu, makanya saya tanya tadi bawangnya dari mana,” kata Zulhas saat tengah memantau stok dan harga bahan pokok di Pasar Karangayu, Kota Semarang, Jawa Tengah, yang dikutip di JPNN.com Sabtu (8/6).

Meski bawang mahal, Zulhas menyatakan harga tersebut masih di bawah nominal yang ditetapkan pemerintah, yakni maksimal Rp 60 ribu per kilogram. Dia menyebut untuk harga telur dan daging ayam masih relatif stabil, bahkan masih dibilang murah. Dia juga memastikan harga-harga sembilan bahan pokok (sembako) di Kota Semarang aman untuk menghadapi Iduladha.

BACA JUGA:DLH Pantau Penggunaan Plastik saat Idul Adha

“Ayam di sini mungkin banyak sentra peternak, jadi murah. Kalau Rp 35 ribu per kilogram itu peternak tidak rugi,” katanya.

“Di sini beras stabil, persiapan untuk Lebaran Iduladha semua sembako, ayam, daging telur, apa pun semua lengkap harga stabil,” ujarnya. (ce1)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin