Berita Bekasi Nomor Satu

PPDB Sekolah Swasta di Kota Bekasi Belum Memuaskan  

ILUSTRASI: Panitia PPDB SMK Bisnis dan Teknologi Kota Bekasi memberikan informasi terkait PPDB. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) sekolah swasta tahun ajaran 2024/2025 di Kota Bekasi belum memuaskan. Tingkat keterisian siswa baru di berbagai jenjang masih rendah.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan setempat, sekolah swasta di Kota Bekasi terdiri dari 321 SD, 294 SMP, 79 SMA, dan 76 SMK.

Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Bekasi, Pudio Bayu, mengungkapkan tingkat keterisian di jenjang SMA/SMK rata-rata sekitar 20 persen sampai 30 persen. Sementara untuk jenjang SD swasta, tingkat keterisiannya sekitar 50 persen.

“Alhamdulillah untuk SD saat ini sudah mencapai 50 persen, karena banyak orangtua siswa baru yang memilih sekolah swasta,” ujar Pudio.

BACA JUGA: 424 Siswa Lolos PPDB Tahap Satu Jalur Afirmasi KETM Mengundurkan Diri  

Sementara di jenjang SMP, rata-rata sekolah baru menerima sekitar 10 persen dari total kuota siswa baru. Mereka berharap limpahan PPDB dari sekolah negeri.

“Yang masih jadi persoalan itu untuk jenjang SMP, karena persentasenya masih kecil. Mereka tetap menunggu hasil pengumuman PPDB SMP negeri,” terang Pudio.

Sehingga pihaknya berharap pemerintah dapat berkomitmen untuk menjalankan aturan PPDB sesuai dengan juknis yang berlaku. Supaya di awal tahun ajaran baru, PPDB SMP swasta dapat terlihat peningkatannya.

“Kami berharap, tahun ini proses PPDB lebih baik lagi, sesuai komitmen dengan apa yang digembar-gemborkan,” imbuhnya. (dew)

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin