Berita Bekasi Nomor Satu

Tips Mudah Menghilangkan Bau pada Daging Kambing

MEMOTONG DAGING: Sejumlah warga membantu para awak media, memotong-motong daging hewan kurban, di Desa Tambun, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Minggu (10/7). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI–Daging kambing adalah salah satu bahan makanan yang kaya akan nutrisi, namun seringkali memiliki aroma prengus yang cukup tajam. Untuk menyempurnakan hidangan dari bahan yang berkualitas ini, ada beberapa cara alami yang dapat Anda coba untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing.

Dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang tersedia di dapur, Anda dapat menghilangkan bau prengus yang mengganggu pada daging kambing tersebut. Dilansir dari Jawapos, Senin (17/6), inilah 5 tips ampuh menghilangkan bau prengus pada daging kambing dengan bahan dapur alami, yang tidak hanya akan meningkatkan cita rasa hidangan Anda tetapi juga membuat hidangan lebih menggugah selera.

1. Pisahkan Lemak dengan Daging

Pisahkan lemak dari daging kambing dengan cara mengirisnya tipis-tipis. Lemak sering kali menjadi penyebab utama aroma prengus pada daging kambing. Namun, pastikan tidak membersihkan lemak pada daging kambing terlalu bersih, karena lemak juga memberikan rasa gurih pada daging kambing.

BACA JUGA:Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Berbulan-bulan

2. Hindari Mencuci Daging Sebelum Direbus

Mencuci daging kambing sebelum direbus atau dimasak dapat memperkuat aroma prengus dan membuat daging kambing menjadi lebih keras. Sebaiknya, rebus daging terlebih dahulu dan bilas dengan air mengalir setelah proses perebusan untuk menghilangkan kotoran dan bau prengus.

3. Gunakan Bahan Dapur Alami seperti Sereh, Daun Jeruk, dan Daun Salam

Sebelum merebus, irislah daging kambing mentah sesuai selera Anda. Lalu geprek batang sereh dan hilangkan tulang oada daun jeruk.Masukkan daging kambing mentah, sereh, daun jeruk, dan daun salam ke dalam panci, lalu tambahkan air secukupnya.

Nyalakan api kompr dan rebus selama sekitar 15 menit untuk mengurangi bau prengus. Setelah itu, bilas daging kambing dengan air mengalir untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran dan bau prengusnya.

4. Manfaatkan Daun Pepaya Segar

Anda bisa menggunakan daun pepaya segar untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Caranya, cuci bersih daun pepaya dan remas-remas untuk mengeluarkan aroma daun pepaya. Potong daging kambing sesuai selera, lalu bungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya yang telah diremas-remas sebelumnya. Diamkan selama 30 menit sebelum dimasak untuk membantu mengurangi bau prengus pada daging.

BACA JUGA:Tips Cermat Mengolah Daging Kurban Menurut Pakar Pangan dan Gizi UGM

5. Rebus dengan Daun Jambu Biji

Untuk mengurangi bau prengus pada daging kambing, Anda dapat menggunakan daun jambu biji. Caranya, potong daging kambing sesuai keinginan dan masukkan ke dalam panci bersama dengan daun jambu biji yang telah dicuci bersih, lalu tambahkan air secukupnya. Nyalakan api kompor dan rebus selama sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air mengalir sebelum daging siap diolah lebih lanjut sesuai dengan resep yang diinginkan. (ce1)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin