Berita Bekasi Nomor Satu

1.200 Ekor Hewan Kurban di Jawa Barat Dinyatakan Tak Layak Disembelih

SAPI KURBAN: Warga memilih sapi bima di kandang sapi Ompu Ondo Cikarang Barat, Selasa (14/5). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BANDUNG–Sebanyak 1.200 ekor herwan kurban dinyatakan tidak layak sembelih di Jawa Barat. Mayoritas, hewan belum cukup umur untuk disembelih atau terlalu muda. Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner DKPP Jabar Supriyanto mengatakan, pemeriksaan hewan kurban dilakukan petugas DKPP menjelang Iduladha. Hasilnya, dari 124.000 ekor yang diperiksa, terdapat 1.200 hewan kurban yang dinyatakan tidak layak sembelih.

“Hasil pemeriksaan kami persentase 1,7 persen tidak layak disembelih, tidak layak dikurbankan. Tapi faktor terbesarnya hanya karena tidak cukup umur bukan karena masalah kesehatan, penyakit menular segala macam,” kata Supriyanto yang dikutip di JPNN, Selasa (18/6).

Supriyanto mengeklaim, angka hewan kurban baik itu sapi atau domba yang tidak layak, jumlahnya sangat sedikit jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Namun, ia tidak memerincikan jumlah hewan tak layak tahun 2023.

BACA JUGA:Sapi Seberat 1,28 Ton Milik Jokowi Akan Dipotong di PRH Cirangrang Bandung Besok

“Dari 1,7 persen itu kurang lebih 1.200 ekoran hasil pemeriksaan kami dari mungkin sekitar 124.000 yang sudah periksa, angkanya sedikit sekali,” ucap dia.

Petugas DKPP Jabar dalam Iduladha ini juga melakukan pemeriksaan terhadap sapi titipan Presiden Joko Widodo yang pagi tadi sudah disembelih di RPH Cirangrang Kopo, Kota Bandung.  Sapi jenis simental dengan berat 1,13 ton itu dibeli dari peternak lokal asal Kota Bandung.

“Sapi Presiden itu melalui seleksi, setiap provinsi itu biasanya menyediakan sapi-sapi kurban pak Presiden untuk diserahkan di wilayah masing,” jelasnya.

BACA JUGA: Imbas Larangan Penyembelihan Kurban Mandiri, RPH Kota Bandung Kewalahan

Tahun ini, Presiden Jokowi menitipkan sejumlah hewan kurbannya ke beberapa tempat, di antaranya Istana Bogor, Kebun Raya Bogor, Istana Cipanas, dan Masjid Raya Bandung.  “Sapi presiden adalah sapi terbaik di wilayahnya,” ungkap Supriyanto.

Adapun sapi Jokowi dititipkan ke Masjid Raya Bandung dan sudah dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh.  Sapi yang diberi nama Ragasa itu sudah memiliki umur yang cukup untuk disembelih.  “Umur sapinya itu 5 tahun. Kemudian, saya cek kesehatannya, kelayakan untuk disembelih. Kami lihat umurnya juga, umurnya kan sudah tua, sudah cukup umur. Kemudian sapi sehat, diambil sampel labnya dan ternyata sehat,” tandasnya. (ce1)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin