Berita Bekasi Nomor Satu

PPDB Kota Bekasi: 4.086 Berkas Calon Siswa Ditolak Tim Verifikasi

SERAHKAN BERKAS: Orangtua calon siswa baru menyerahkan berkas untuk proses prapendaftaran PPDB di SMPN 29 Kota Bekasi. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebanyak 37.983 calon siswa baru melakukan prapendaftaran untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD dan SMP Kota Bekasi tahun ajaran 2024/2025. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.086 berkas calon siswa baru ditolak oleh tim verifikasi karena berbagai alasan.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi, Warsim Suryana, menegaskan saat ini tengah dilakukan verifikasi berkas yang diupload dalam proses prapendaftaran.

“Kami telah meminta kepada tim verifikator untuk segera menyelesaikan verifikasi tanpa menunda-nunda, agar jika ada kesalahan atau kekurangan berkas, bisa segera diperbaiki oleh calon peserta didik baru (CPDB),” ujarnya.

Verifikasi dilakukan oleh dua tim yang berbeda, yakni tim dari Disdik dan pihak sekolah. Tim dari sekolah bertugas untuk jalur zonasi dan prestasi, sementara tim dari Disdik menangani jalur afirmasi dan perpindahan tugas orang tua.

“Hingga saat ini, sebanyak 19.195 calon siswa baru telah berhasil diverifikasi dalam proses prapendaftaran PPDB, terdiri dari 11.767 SD dan 7.428 SMP,” jelas Warsim.

BACA JUGA: PPDB Sekolah Swasta di Kota Bekasi Belum Memuaskan  

Namun, terdapat 4.086 berkas calon siswa baru yang tidak lolos verifikasi, dengan rincian 1.181 untuk SD dan 2.268 untuk SMP. “Alasan penolakan berkas antara lain KK yang diunggah kurang dari satu tahun sejak penerbitannya, ketidaksesuaian titik koordinat, dan alamat pada KK yang tidak sesuai,” tambah Warsim.

Warsim juga mengimbau agar tim verifikator tidak mengulur waktu untuk segera menyelesaikan proses verifikasi berkas calon siswa baru yang masih menunggu.

“Kami mengingatkan tim verifikator untuk tidak menunda proses verifikasi data calon siswa yang sudah masuk,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin