Berita Bekasi Nomor Satu

Salat Id Berlangsung Tertib Meski Jemaah Tumpah ke Jalan

SALAT ID: Umat muslim Kota Bekasi melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid Annur, Jalan Jenderal Sudirman, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Senin (17/6). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Senin (7/6/2024) pagi lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Kota Bekasi nampak lengang. Aktivitas warga sebagian besar terkonsentrasi di lingkungan rumah dan masjid.

Seperti di Masjid Agung Al Barkah, warga nampak mulai berdatangan sejak pukul 06.00 WIB. Saf semakin bertambah hingga ke luar masjid di Jalan Veteran Kelurahan Margajaya Kecamatan Bekasi Selatan.

Selain masjid Agung Al-Barkah, ada beberapa masjid besar dan masjid berusia tua di Kota Bekasi yang selalu membludak jemaahnya pada hari besar agama Islam, seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Hal ini kemarin juga nampak pada masjid An Nur Jalan Jenderal Sudirman Kranji Kecamatan Bekasi Barat.

Saf salat Id pagi kemarin tumpah hingga ke jalan raya. Pelaksanaan salat Id kemarin berjalan kondusif dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban.

BACA JUGA: Tips Mudah Menghilangkan Bau pada Daging Kambing

Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhammad bersama dengan jajaran pejabat di lingkungan Pemkot Bekasi melaksanakan salat di Masjid Agung Al Barkah. Hari raya Idul Adha kemarin menjadi momentum mengingatkan kepada masyarakat Kota Bekasi untuk senantiasa meneladani hakikat kurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim.

“Semoga dengan kita mencermati hakikat dari pada ibadah kurban ini menjadikan kita insan yang mau berkurban, mau bersedekah, dan memerhatikan sesama,” katanya usai mengikuti salat Id di Masjid Agung Al Barkah.

Sebelum meninggalkan masjid, Gani juga terpantau menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi kepada pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Barkah. Tahun ini, Gani berkurban tiga ekor sapi di tiga lokasi berbeda.

“Alhamdulillah di momentum Idul Adha ini kita sampaikan di Masjid Al Barkah, juga di lingkungan saya di Jakarta, dan Bandung. Insya Allah sudah menjadi rutinitas kita untuk bisa berbagi dalam momentum ibadah kurban ini,” tambahnya.

BACA JUGA: Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Berbulan-bulan

Sampai dengan Senin pagi kemarin, Masjid Agung Al Barkah telah menerima 12 hewan kurban terdiri dari empat ekor sapi dan delapan ekor kambing. Dimungkinkan jumlah hewan kurban akan bertambah hingga dilakukan pemotongan pada siang hari.

“Insya Allah kurban hari ini 12 ekor, mudah-mudahan terus bertambah nih,” ungkap Ketua DKM Al Barkah, Nachrawi Subandi.

Lebih lanjut Nachrawi menyampaikan bahwa penyelenggaraan kurban di masjid agung ini memberikan pesan tauladan kepada masyarakat muslim di Kota Bekasi. Selain Masjid Agung Al Barkah, terdapat beberapa masjid maupun musala lain di sekitar yang juga melaksanakan kurban.

Daging hewan kurban akan didistribusikan kepada 815 Kepala Keluarga (KK) di sekitar masjid.

Dalam pelaksanaan salat Id kemarin, diperkirakan ada ribuan jemaah yang hadir di Masjid Agung Al Barkah. Hal ini sekilas terlihat dari barisan saf salat yang tumpah hingga ke ruas jalan.

Berkaca pelaksanaan shalat Idul Fitri yang dilaksanakan sebelumnya, jemaah yang hadir dan mengikuti shalat Id mencapai tujuh ribu orang. Nachrawi berpesan pada momentum Idul Adha ini agar masyarakat selain menerima manfaat pembangunan juga berkontribusi terhadap pembangunan Kota Bekasi di segala bidang.

“Sesuai pesan Idul Adha adalah jangan tanyakan apa yang mungkin Kota Bekasi berikan, tapi tanyakan apa yang telah kita berikan kepada Kota Bekasi,” tambahnya. (sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin