Berita Bekasi Nomor Satu

Manfaat Cengkeh bagi Kesehatan, Atasi Masalah Pencernaan Hingga Pereda Nyeri

Ilsutrasi- Cengkeh, rempah asli Indonesia. (Freepik)

RADARBEKASI.ID, BEKASI–Selain digunakan untuk memasak, cengkeh juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan aromaterapi dan penolak serangga. Rempah yang banyak digunakan di Asia Tenggara, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Selatan ini memang dikenal dengan aromanya yang khas sehingga banyak digunakan dalam pembuatan parfum, sabun, hingga pasta gigi.

Selain itu, dalam pengobatan Tiongkok, India, dan Thailand, cengkeh juga bisa dijadikan teh untuk kesehatan. Seperti dilansir dari Jawapos, Minggu (23/6), ada beberapa manfaat dari cengkeh untuk tubuh, yaitu:

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Cengkeh mengandung senyawa yang membantu mengendurkan lapisan saluran pencernaan, yang memberikan bantuan dari masalah pencernaan umum seperti muntah, diare, perut kembung dan sakit perut.

BACA JUGA:Tak Banyak Yang Tau, Ini Deretan Manfaat Kulit Lemon Untuk Kesehatan

2. Baik Untuk Lambung

Cengkeh meningkatkan produksi lendir lambung, yang melindungi perut dengan bertindak sebagai pelindung. Pelindung ini mencegah kerusakan lapisan lambung yang pada akhirnya dapat menyebabkan bisul yang menyakitkan.

3. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Banyak pasta gigi memasukkan cengkeh sebagai bahan utamanya. Tidak seperti obat kumur yang busa membunuh semua bakteri di mulut, cengkeh menyerang bakteri penyebab penyakit, sementara meninggalkan bakteri baik.

4. Meredakan Batuk dan Nyeri

Eugenol dalam cengkih juga membantu meredakan gejala gangguan pernapasan. Diseduh ke dalam teh, cengkeh bertindak sebagai ekspektoran, mengeluarkan dahak dari dada. Memijat dada dengan minyak cengkeh juga mengurangi sesak dan membuka saluran pernapasan. Eugenol juga cukup efektif untuk menghilangkan semua jenis rasa sakit. (ce1)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin