Berita Bekasi Nomor Satu

Gholy Bocah Cikunir Jebol Gawang Timnas Laos U-16, Indonesia Tembus Semifinal Piala AFF U-16

M Zahabi Gholy, Bocah Cikunir, Kota Bekasi berhasil menyumbangkan gol untuk kemenangan Indonesia di ASEAN U-16 Boys Championship 2024 (dulu disebut Piala AFF U-16 melawan Timnas Laos U-16, Kamis (27/6/2024) di Stadion Manahan, Solo. Foto dok.

RADARBEKASI.ID, SOLO -Timnas Indonesia U-16 tembus ke babak Semifinal ASEAN U-16 Boys Championship 2024 (dulu disebut Piala AFF U-16) usai membungkam Timnas Laos U-16 dengan skor 6-1. Satu gol Garuda Muda di antaranya dicetak pemain asal Cikunir, Kota Bekasi, Zahabi Gholy.

Pertandingan Indonesia melawan Laos itu berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Kamis (27/6/2024) malam. Ini menjadi laga pamungkas skuad Garuda Muda di Grup A usai menaklukkan Singapura (3-0) dan Filipina (3-0) pada Jumat (21/6/2024) dan Senin (24/6/2024).

Dengan menaklukkan Laos, Indonesia berhasil mempertahankan catatan positifnya dan berhak tembus ke babak semifinal.

BACA JUGA: Zahabi Gholy Bocah Cikunir Bekasi Jadi Striker Timnas Indonesia U-16

Jalannya Pertandingan

Skuad Garuda Muda sempat tertinggal satu gol. Laos berhasol mencetak gol lewat tendangan penalti Phayal Shipanom di menit ke-5.

Indonesia akhirnya membalas enam gol melalui sepakan Zahabi Gholy di menit ke-23, Tristan Raissa Ibrahim di menit ke-29, Josh Holong di menit ke-38 dan ke-40. Dan dua gol berikutnya tercipta di babak perpanjangan waktu lewat Putu Panji di menit 45+3 dan Mierza Firjatullah pada menit 79.

Pada babak pertama, tim asuhan Nova Arianto tertinggal oleh gol cepat Laos yang dicetak melalui tendangan penalti Phayal Shipanom menit ke-5.

BACA JUGA: Piala AFF U-16 2024, Solo Bakal Tuan Rumah

Laos hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-18.

Namun, tendangan Daophahad Kamkasomphou yang sudah terbebas di depan gawang masih melambung tinggi.

Setelah 20 menit pertama serangan yang dilancarkan buntu, Timnas Indonesia U-16 akhirnya menyamakan kedudukan melalui cara yang sama, yaitu tendangan penalti Zahabi Gholy pada menit ke-23. Skor berubah menjadi 1-1.

Indonesia tak perlu lama menunggu gol kedua karena enam menit kemudian berbalik unggul lewat sundulan Tristan Raissa Ibrahim yang memanfaatkan umpan sepak pojok.

Indonesia bermain makin percaya diri dan pada menit ke-38 memperlebar keunggulan menjadi 3-1 melalui Josh Holong setelah memanfaatkan umpan ke dalam.

Pada menit akhir babak pertama, sang kapten Putu Panji membuat Indonesia masuk ke ruang ganti dengan tenang setelah mencetak gol untuk mengubah skor menjadi 4-1.

Memasuki babak kedua, Indonesia tak perlu lama menunggu gol kelima.

Sebab, 15 menit kemudian Holong mencetak gol keduanya dengan tendangan kanan keras.

Pasukan Nova Arianto kian leluasa memainkan bola dari kaki ke kaki.

Puncaknya, kemenangan Indonesia ditutup dengan gol pemain pengganti Mierza Firjatullah yang mencetak gol keempatnya di Piala AFF U-16 pada menit ke-79.

Tak ada gol tercipta pada sisa laga dan pesta setengah lusin Indonesia yang hanya dibobol satu gol menjadi skor akhir pertandingan.

Berkat kemenangan ini, Indonesia memuncaki grup dengan poin sempurna 9 poin dari tiga laga dan melaju ke semifinal Piala AFF U-16 yang akan dimainkan pada Senin (1/7/2024). (rbs/jpnn)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin