Berita Bekasi Nomor Satu

Survey SMRC, Elektabilitas Tri Adhianto Capai 37,5 Persen

Tri Adhianto

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebulan jelang dibukanya masa pendaftaran pasangan calon Wali Kota Bekasi 2024, elektabilitas mantan Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono masih menjadi yang tertinggi.

Fakta itu terekam dari hasil sigi terbaru per Juni 2024 milik lembaga survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC). Hasil survei teranyar SMRC memang hanya dipublikasikan terbatas pada saat Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IV dan V DPD PDIP Jawa Barat di Hotel Aston Cirebon, Kamis (27/6/2024).

Dari ‘bocoran’ hasil survei elektabilitas calon Wali Kota Bekasi per Juni 2024 SMRC, nama Tri Adhianto Tjahyono nangkring di posisi pertama dengan elektabilitas mencapai 37,5 persen.

Berturut-turut di bawahnya ada nama Ketua DPD PKS Kota Bekasi Heri Koswara dengan 17,9 persen, lalu kader senior PDIP Mochtar Mohamad di urutan ketiga dengan 11,2 persen, kemudian Ketua DPD Golkar Kota Bekasi Ade Puspitasari 5,9 persen, dan terakhir politikus Partai Demokrat Abdul Rozak dengan 4,3 persen.

BACA JUGA: Partai Gelora Dukung Tri Adhianto sebagai Bakal Calon Wali Kota Bekasi di Pilkada 2024

Pada kesempatan yang sama, SMRC sedikit mencantumkan risalah pada hasil sigi terbarunya tersebut khusus kepada Tri. Dimana tingkat popularitas Ketua DPC PDIP Kota Bekasi ini tembus di angka 75 persen dengan tingkat kesukaan yang terbilang tinggi, yakni 90 persen.

Perlu diketahui, DPD PDIP Jawa Barat menggunakan jasa SMRC untuk memantau elektabilitas para kader dan tokoh lainnya yang hendak maju berkontestasi.

Informasi yang dihimpun, Rakerda kemarin juga menetapkan Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono, sebagai calon Gubernur Jabar untuk Pilkada 2024. Forum internal ‘kader banteng’ ini juga membahas hasil Rakernas V, yang menekankan pentingnya konsolidasi menjelang Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

Sekretaris DPD PDIP Jabar, Ketut Sustiawan, menjelaskan, penetapan Ono Surono merupakan hasil dari aspirasi dan suara arus bawah kader partai.

“Maka dengan memperhatikan suara arus bawah kader partai, kesungguhan beliau dalam bersosialisasi serta respons dukungan masyarakat, kami mengusulkan Bapak Ono Surono, Ketua DPD PDIP Jawa Barat untuk menjadi calon gubernur atau wakil gubernur Jawa Barat periode 2024/2029,” kata Ketut.(*)u


Solverwp- WordPress Theme and Plugin