Berita Bekasi Nomor Satu

Karang Taruna RW 10 Jatiasih Dilantik, Tancap Gas Bangun Sinergi

PELANTIKAN: Pengurus baru Katar RW 010 Kelurahan Jatiasih, saat menjalani prosesi seremoni pelantikan kepengurusannya. (Istimewa)

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kepengurusan RW 010 Kelurahan Jatiasih, belum lama ini, telah melantik Karang Taruna (Katar) masa bakti 2024/2029. Kepengurusan anyar ini ditetapkan usai terpilihnya Alwi Anto sebagai Ketua Katar RW 010 Kelurahan Jatiasih.

Sebelumnya, Alwi mengatakan, butuh waktu kurang lebih tiga bulan untuk melaksanakan suksesi kepengurusan baru. Mulai dari pemilihan ketua hingga proses seleksi dan rekrutmen anggota baru. “Dilakukan beberapa tahap sampai dengan penyampaian visi dan juga misi kami sebagai kandidat,” jelasnya.

Ditanya soal visi yang dia miliki, Alwi menjelaskan, karang taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan kreatifitas generasi muda yang berkelanjutan untuk menjalin persaudaraan dan rasa kebersamaan.

BACA JUGA: Pendidikan Belum jadi Investasi Sebabkan Belum Optimalnya Wajib Belajar 12 Tahun di Kabupaten Bekasi

Selain itu, karang taruna harus mampu menjadi mitra organisasi lembaga, baik kepemudaan ataupun pemerintah dalam pengembangan kreatifitas. Kemampuan dibidang Kesejahteraan Sosial baik untuk masyarakat di lingkungan sekitar ataupun luar.

Untuk mencapai visinya itu, Alwi pun telah menetapkan serangkaian misi. Mulai dari meningkatkan SDM anggota dan mulai membangun komunikasi lintas sektor dan stakeholder.

“Generasi muda harus mampu memimpin, berkarya dan juga memajukan wilayah serta lingkungan sekitar,” tuturnya.

Terpisah, Ketua RW 010 Kelurahan Jatiasih, Abdul Salam menyampaikan, bahwa ketua dan anggota terpilih Katar harus mampu dan mengerti cara bersosialisasi dengan masyarakat serta lingkungan sekitar.

Tidak hanya itu, kepengurusan Katar terpilih juga harus sigap dalam segala hal, salah satunya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dilingkungan sekitar.

“Contoh kecil ya jika salah satu warga kita diuji kematian, Katar harus sigap untuk membantu pemasangan tenda dirumah duka, pemasangan bendera kuning, sampai dengan pemakaman. Ini salah satu cara kepengurusan Katar membangun komunikasi dengan warga dan masyarakat disekitar wilayah,” pungkasnya. (dew/pms)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin