Berita Bekasi Nomor Satu

Cuaca tak Menentu, Waspada ISPA

ilustrasi ISPA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Cuaca di Kota Bekasi beberapa hari terakhir berubah-ubah dengan cepat. Hujan beberapa kali mengguyur Kota Patriot setelah sebelumnya cuaca panas yang terasa cukup menyengat.

Di tengah perubahan cuaca yang begitu cepat, warga Kota Bekasi diingatkan untuk menjaga kondisi tubuh dan lingkungannya. Beragam penyakit kerap muncul di tengah masyarakat saat kondisi cuaca tak menentu.

“Karakteristik penyakit itu kan sudah bisa kita tahu bahwa di peralihan iklim itu akan muncul berbagai kasus penyakit. Biasanya seperti penyakit kulit, ISPA yang paling tinggi di dalam iklim itu,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Tanti Rohilawati.

BACA JUGA: ASH Sebarkan Kesadaran Pertolongan Pertama dan Perawatan Luka

Lebih lanjut ia menyampaikan, serangan berbagai penyakit tidak mudah untuk diprediksi. Dengan demikian, Tanti mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan.

Terutama Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), upaya ini disebut paling berpengaruh bagi individu maupun lingkungan sekitar.

“Paling berdampak sekali dari lingkungan itu adalah PHBS, perilaku hidup bersih dan sehat. Ini yang menjadi perhatian dari pada kita sendiri, masyarakat, karena kasus penyakit banyak ditimbulkan oleh (kondisi) lingkungan,” paparnya.

Dalam menghadapi cuaca yang tak menentu ini juga, masyarakat disebut perlu menjaga kondisi tubuh agar tak mudah terserang penyakit. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang bersih dan banyak mengandung vitamin.

“Kedua pastinya untuk menjaga imun tubuh, terutama sekali dari pola konsumsi makanan,” tambahnya. (sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin