Berita Bekasi Nomor Satu

DPRD Kota Bekasi Kawal Langsung PPDB

PERSIAPAN: Petugas berjaga di ruang PPDB SMPN 7 Kota Bekasi. Penyediaan perangkat komputer ditujukan untuk memfasilitasi pendaftar yang datang langsung ke sekolah.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi berencana turun ke sekolah untuk memastikan seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi bebas dari kecurangan.

Sidak yang rencananya dilaksanakan hari ini, Kamis (4/7) juga akan memastikan permasalahan-permasalahan yang timbul selama pelaksanaan PPDB tahun 2024 ini.

“Kita akan konfirmasi langsung besok ke lapangan, seperti apa penyelesaiannya dan juga kalau masih banyak outstanding-outstanding isu seperti apa rencana penyelesaiannya,” kata Ketua Komisi IV, Daradjat Kardono, Rabu (3/7).

BACA JUGA: Sekolah Swasta Kota Bekasi Catat Peningkatan Pendaftar Setelah PPDB Tahap Kedua

Pihaknya akan mendatangi Sekolah Menengah Pertama (SMP). Skor jarak pendaftar yang dinilai mencurigakan juga menjadi salah satu yang akan diverifikasi. Skor jarak pada pendaftaran jalur zonasi ini menjadi pembahasan di media sosial.

“Itu menjadi bagian yang akan kita verifikasi,” ucapnya.

Sedianya kata Daradjat, pengawasan tahun ini lebih ketat lantaran instrumen pengawasan telah ditambah dibandingkan PPDB sebelumnya.

Salah satunya yakni keterlibatan ITKO yang telah diberikan akses untuk masuk ke dalam sistem PPDB.

BACA JUGA: KCD Evaluasi 424 Siswa Undur Diri Setelah Lolos PPDB Tahap Satu Jalur Afirmasi KETM Ekstrem

“Bisa langsung mengklarifikasi. Kalau ITKOnya rajin, serius, seharusnya bisa dieliminasi masalah-masalah dalam tanda petik kecurangan,” tambahnya.

Persoalan lain yang ia dengar selama pelaksanaan PPDB ini, masyarakat belum sepenuhnya memahami teknis pelaksanaan PPDB. Untuk meminimalisir hal ini menurutnya, kedepan Disdik harus menggunakan lebih baik variasi dalam mensosialisasikan petunjuk teknis PPDB kepada masyarakat.

Selain itu, Disdik juga diminta harus proaktif mendengarkan keluhan masyarakat guna menyelesaikan persoalan-persoalan yang muncul di lapangan. (sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin