Berita Bekasi Nomor Satu

Bunda Risma, Zamzam, dan Jatah Gratis

Hazairin Sitepu

Oleh: Hazairin Sitepu

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Harga semangkok soto ayam di warung Bunda Risma 15 Real Saudi. Jika dikonversi ke Rupiah kira-kira Rp65.250. Satu porsi nasi briyani di Zamzam 50 real atau Rp217.500.

Bunda Risma menjual banyak jenis lauk. Ayam goreng, ikan goreng, telur ceplok, telur dadar, sayur. Ada juga buah segar dan bubur kacang ijo.

Harga satu ikan kembung goreng 5 real atau Rp21.750. Satu porsi sayur terong 5 real. Satu porsi buah segar 5 real. Satu gelas bubur kacang ijo 5 real. Satu porsi ayam goreng bumbu cabe merah 10 real. Ayamnya tiga potong. Bagi saya, baru cukup kalau enam potong. Makan pake lontong yang lima real itu, uenak tenan.

Jika makan siang di warung Bunda Risma dengan menu nasi putih dan soto ayam, maka Anda harus membayar 20 real atau Rp87.000. Tetapi kalau memilih menu nasi putih dan ikan kembung goreng, hanya membayar 10 real atau Rp43.500.

Jika ingin lontong dengan ayam goreng bumbu cabe merah, siapkan 15 real atau Rp65.250. Kalau tambah sayur dan buah tinggal tambah masing-masing 5 real.

Sebenarnya ada kios Baso Malang dan kios Boyolali yang menjual makanan-minuman. Harga relatif sama. Menunya saja yang berbeda. Tinggal pilih mau makan siang di Bunda Risma, di Baso Malang atau di Boyolali.

Tiga kios makanan ini berada di Tower 2 Hotel Al-Kiswah, Mekkah. Lebih dari 20 ribu jamaah haji Indonesia tinggal di hotel lima tower ini.

Jika bosan makan di Bunda Risma yang orang Madura itu, Baso Malang atau Boyolali, Anda bisa pergi ke Zamzam Tower. Ada ratusan restoran dan cafe di gedung pencakar langit yang halamannya menyatu dengan halaman Masjidil Haram Itu.

Mau di lantai dua, tiga atau empat. Mau nasi kebuli, nasi buchori, nasi mandhi, nasi briyani, atau yang lain. Atau mau makan yang non-nasi. Misalnya pizza, burger, atau ayam goreng plus kentang goreng.

BACA JUGA: Pasport Kehendak Allah (1): Pergi ke Depan Ka’bah

Satu porsi nasi briyani, buchori, mandhi atau nasi lain, pake ayam atau daging, harganya antara 43 – 63 real atau Rp183.050 – Rp274.050.

Perut Indonesia seperti saya, satu porsi bisa untuk dua sampai tiga orang. Untuk perut orang Arab atau Eropa, saya tidak tau bisa untuk berapa orang. Porsi jumbo itu rata-rata 850 kalori. Restoran-restoran di Zamzam memang mencantumkan kandungan kalori untuk setiap porsi makanannya.

Atau mau makan non-nasi. Satu porsi ayam goreng 45 real atau Rp195.750. Isinya dua potong ayam, kentang goreng, satu burger, satu roti, satu minuman. Untuk perut saya, bisa untuk dua orang.

Terserah Anda mau makan di mana: bunda Risma, atau Zamzam. Atau makan jatah di kamar hotel saja. Menunya rata-rata tiga: nasi, ikan patin goreng, ayam atau daging. Ganti-ganti setiap waktu makan: pagi, siang, malam.

Tambah satu botol air minum. Ada buah: pisang, apel atau jeruk. Ganti-ganti.

Ini jatah maka gratis bagi jamaah haji sejak pertama kali tiba di Mekkah atau Madinah sampai terakhir meninggalkan Mekkah atau Madinah.

Makan gratis ini baru berlaku pada musim haji tahun ini. Dananya dari jamaah haji sendiri: dana haji. Ini ketika ONH naik dari Rp36 juta menjadi Rp56juta. Ayo pilih.  Makkah Al-Mukarramah. (*)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin