Berita Bekasi Nomor Satu

Dampak Buruk Menyekolahkan Anak Terlalu Dini Menurut Psikologi

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SDN Jatiasih X Kota Bekasi saat mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Satuan pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Bekasi tengah mempersiapkan petunjuk teknis (juknis) untuk pembuatan materi Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ), yang akan dilaksanakan mulai 13 hingga 18 Mei 2024. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI-Psikolog anak dan keluarga Samanta Elsener dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) mengingatkan para orang tua agar memperhatikan perkembangan psikologis anak sebelum memutuskan memasukkan anak masuk SD di usia 6 tahun. Para orang tua harus mengetahui bahwa ada dampak buruk yang berpotensi terjadi pada anak yang masuk ke Sekolah Dasar (SD) sebelum waktunya, ujarnya.

“Persiapan perkembangan psikososialnya perlu dilihat. Jika anak secara hasil psikotesnya mampu untuk mengikuti proses belajar di SD, maka orang tua dapat menyekolahkan anak masuk SD di usia 6 tahun. Jika tidak, maka tidak akan direkomendasikan oleh psikolog untuk masuk SD,” kata Samanta yang dikutip dari JPNN, Jumat (5/7).

Samanta menjelaskan, idealnya usia anak masuk SD sebenarnya tergantung dari kesiapan dirinya berbaur dengan lingkungan baru. Dia menyebutkan, rata-rata anak sudah dapat mengikuti pembelajaran di usia antara 6-7 tahun. Namun, tak jarang terdapat anak yang sudah dimasukkan ke SD sebelum waktunya.

BACA JUGA:Hati-hati Tertipu Love Bombing, Ini Tanda-tandanya Menurut Psikologi

Akibatnya, terdapat beberapa dampak buruk yang mungkin dialami anak, contohnya anak jadi malas belajar hingga anak merasa tertekan. Hal ini akan membuat orang tua akan menerima banyak keluhan dari guru karena prestasi belajar anak yang berisiko kurang bagus. Samanta menilai hal itu disebabkan karena diri anak baik secara mental maupun kognitifnya belum siap untuk memulai hal baru.

“Dalam hal ini, secara psikososial dan emosional ini menjadi penting bagi anak untuk melihat kesiapannya agar ia dapat mengikuti kegiatan belajar di sekolah dengan menyenangkan,” ucap dia.

Maka dari itu, kata Samanta, butuh kesiapan ekstra bila orang tua tetap bersikeras menyekolahkan anak sebelum usia idealnya. Secara bertahap, anak perlu diberikan pemahaman supaya bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya. Dia menyarankan orang tua untuk mendorong anak-anak berinteraksi dengan banyak orang, sehingga muncul stimulasi untuk berbaur dengan lingkungannya.

BACA JUGA:Ini Situasi Yang Lebih Baik Diabaikan Menurut Psikolog

“Ajarkan pula anak untuk bermain bersama teman melalui simulasi bermain dengan dua-tiga orang atau dalam skala ruang bermain yang lebih ramai,” sarannya.

Samanta menyarankan, sebagai bentuk pencegahan anak menjadi pelaku atau korban perundungan (bullying) di sekolah di usianya yang masih mencontoh tiap perilaku dan ucapan di sekitarnya, orang tua dapat mempererat hubungannya dengan orang tua dari siswa lain. Kemudian membuat janji untuk bermain bersama dalam rangka mengajarkan rasa saling menyayangi dan menghargai antarteman.

“Jangan lupa juga untuk mengajarkan anak memakai sepatunya sendiri, ganti baju dan lulus toilet training.” “Pastikan anak bisa makan sendiri dan mampu berpisah dari orang tua dalam waktu lama agar kemandiriannya makin terbentuk,” kata Samanta. (ce1)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin