Berita Bekasi Nomor Satu

Pj Bupati Bekasi Dorong Mahasiswa Bangun Desa dan Tumbuhkan Entrepreneurship

FOTO BERSAMA: Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, foto bersama dengan mahasiswa UPB Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Agama Islam, serta Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora peserta KKN di Aula Gedung Universitas Pelita Bangsa, Cikarang Selatan, Minggu (28/7). PROKOPIM PEMKAB BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebanyak 1.500 mahasiswa dari kampus Universitas Pelita Bangsa (UPB) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Agama Islam, serta Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora Tahun Akademik 2023/2024, mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Mengusung tema “Bersinergi Membangun Desa Menyiapkan Entrepreneur Mandiri Dalam Mendukung Pembangunan Desa Berkelanjutan”, kegiatan ini dilepas oleh Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, ditandai dengan pemukulan gong, bertempat di Aula Gedung Universitas Pelita Bangsa, Cikarang Selatan, Minggu (28/7).

Dani Ramdan mengatakan, kegiatan KKN menjadi ajang untuk menguji bagaimana kemampuan peserta KKN berinteraksi, bersosialisasi, ikut mewarnai kehidupan di tingkat desa, serta membangun jiwa entrepreneurship, bukan hanya diri sendiri tetapi juga masyarakat yang menjadi objek dari KKN ini.
“Para mahasiswa bisa ikut aktif dalam kehidupan di desanya masing-masing itu sudah melatih diri ikut mengurus negara. Karena di desa itulah pengambilan-pengambilan keputusan penting dimulai,” ujarnya.

BACA JUGA: Pj Bupati Bekasi Dukung Eksplor Potensi Wisata

Menurut Dani, kegiatan KKN di tingkat desa ini sangat penting dilakukan, karena melalui kegiatan ini mahasiswa bisa memahami apa saja persoalan penting di tingkat desa dan bagaimana memberi nuansa pemikiran akademik sesuai dengan status mereka sebagai kaum intelektual muda.

Selain itu, mahasiswa KKN harus bisa menumbuhkan jiwa entrepreneurship serta mengajak masyarakat untuk berfikir lebih maju, karena itu juga merupakan kunci sebuah kemajuan Kabupaten Bekasi.

“Seringkali masyarakat Kabupaten Bekasi yang ingin bekerja di perusahaan tidak masalah walaupun harus menjadi karyawan biasa. Nah, melalui entrepreneurship inilah paradigma masyarakat harus dikembangkan. Semua pemimpin besar itu dari orang-orang yang entrepreneur, bukan karyawan,” katanya.

Dirinya juga berharap mahasiswa UPB dalam menyelenggarakan KKN ini bisa menjadi warna warna baru untuk menciptakan jiwa entrepreneurship, leadership, nasionalisme, dan kecerdasan dalam berpikir masyarakat bisa terangkat.

BACA JUGA: Pj Bupati Bekasi Ajak PKK Perkuat Kolaborasi

Lebih lanjut Dani juga mengajak mahasiswa KKN untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dalam pengawasan partisipatif Pemilu yang akan berlangsung pada November 2024, serta mendorong budaya demokrasi yang lebih baik.

“Ini kesempatan baik bagi saudara-saudara untuk mensosialisasikan bagaimana menggunakan hak pilih dengan benar dan tanggung jawab agar melahirkan pemimpin yang bisa memajukan daerah kita,” imbuhnya.

Sebagai informasi, KKN UPB ini dimulai dari 28 Juli 2024 sampai 27 Agustus 2024, dengan lokasi tersebar di 9 Kecamatan, yakni Bojongmangu, Cikarang Selatan, Serang Baru, Cikarang Timur, Cikarang Utara, Cikarang Pusat, Karangbahagia, Setu, dan Kedungwaringin. (and/adv)