Berita Bekasi Nomor Satu

Manfaat Konsumsi Bengkuang Bagi Kesehatan Tubuh, Lindungi Kesehatan Jantung Hingga Lawan Obesitas

Ilustrasi: Bengkuang. (Pixabay)

RADARBEKASI.ID,BEKASI-Bengkuang (Pachyrhizus erosus) merupakan tumbuhan merambat yang kerap kali digunakan sebagai bahan campuran rujak oleh masyarakat Indonesia. Selain memiliki rasa yang manis, bengkuang mengandung rendah lemak, tetapi tinggi serat, yang menjadikannya sebagai sumber karbohidrat yang baik.

Tak hanya serat, bengkuang juga memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, hingga vitamin C. Oleh karena itu, melansir laman Health, Senin (12/8), berikut adalah 7 manfaat baik yang bisa diperoleh dari mengonsumsi bengkuang.

1. Kaya akan antioksidan

Bengkuang dikenal dengan antioksidannya, termasuk flavonoid. Kandungan antioksidan dalam bengkuang dikaitkan dengan fungsi sebagai dukungan kekebalan dan perlindungan terhadap peradangan, penuaan, dan penyakit kronis. Antioksidan bertindak seperti pengawal untuk melindungi sel dari serangan senyawa yang disebut radikal bebas. Antioksidan berinteraksi dan menetralisir radikal bebas, sehingga mencegahnya menyebabkan kerusakan.

BACA JUGA:Ini Manfaat Tomat Untuk Ibu Hamil

2. Melindungi kesehatan jantung

Penelitian pada tahun 2015 menunjukkan bahwa flavonoid dalam bengkuang dikaitkan dengan penurunan risiko dan kematian akibat penyakit jantung di kalangan orang dewasa di wilayah Eropa dan Amerika. Sebuah tinjauan penelitian pada tahun 2013 menemukan bahwa meskipun suplemen antioksidan tidak bermanfaat untuk pencegahan penyakit jantung, konsumsi antioksidan dari makanan, seperti bengkuang dan tanaman lain, dikaitkan dengan penurunan risiko.

3. Menjaga kesehatan usus

Bengkuang dapat menjaga pencernaan hingga kesehatan usus tetap sehat secara keseluruhan karena kandungan seratnya dan kemampuannya untuk mengembangkan mikrobioma usus yang sehat. Bengkuang mengandung sejenis serat yang disebut inulin, yang memiliki efek positif pada fungsi usus, termasuk meningkatkan frekuensi tinja, konsistensi, dan kekerasannya.

4. Mendukung fungsi kekebalan tubuh

Bengkuang mendukung fungsi kekebalan tubuh dalam beberapa cara utama. Tanaman ini melindungi dari infeksi karena sifat antioksidan alami, antivirus, dan antijamurnya. Bengkuang juga kaya akan vitamin C, antioksidan dan vitamin yang dibutuhkan untuk penyembuhan dan fungsi kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin C menyebabkan gangguan kekebalan dan kerentanan yang lebih tinggi terhadap infeksi.

BACA JUGA:Manfaat Beras Merah dan Ciri Beras Merah Asli

5. Membantu mengelola diabetes

Bengkuang dapat membantu manajemen diabetes karena kandungan inulinnya. Sebuah penelitian pada tahun 2019 menyimpulkan bahwa suplementasi inulin secara signifikan meningkatkan kontrol glikemik (regulasi gula darah) pada penderita pradiabetes dan diabetes tipe 2.

Inulin diketahui dapat meningkatkan sensitivitas insulin, atau seberapa baik insulin bekerja untuk membersihkan gula dari darah. Selain itu, bengkuang juga dapat digunakan sebagai pengganti beberapa makanan berkarbohidrat tinggi untuk mengurangi beban glikemik, atau jumlah total karbohidrat dalam makanan atau camilan tertentu yang perlu diproses oleh tubuh.

6. Membantu melawan obesitas

Bengkuang dapat membantu melawan obesitas melalui efek metabolismenya. Misalnya, kandungan inulin pada bengkuang telah terbukti membantu mengatur nafsu makan dan meningkatkan perasaan kenyang. Bengkuang juga merupakan alternatif makanan rendah kalori dan rendah karbohidrat, terutama bila digunakan dalam bentuk tepung untuk membuat makanan seperti keripik. Ini dapat membantu mengurangi konsumsi kalori total.

BACA JUGA:5 Manfaat Konsumsi Nanas Dapat Turunkan Kolesterol dan Lemak

Selain itu, perubahan mikrobioma yang disebabkan oleh konsumsi makanan seperti bengkuang, yang meningkatkan bakteri baik, seperti Lactobacillus  dan Bifidobacteria, dan menurunkan mikroba patogen, telah dikaitkan dengan perlindungan terhadap obesitas. Flavonoid, yang ditemukan dalam bengkuang, juga dikaitkan dengan efek antiobesitas.

7. Melindungi kesehatan tulang

Nutrisi dalam bengkuang dapat membantu mendukung kesehatan tulang. Inulinnya telah terbukti meningkatkan penyerapan kalsium dan magnesium dari saluran pencernaan ke dalam aliran darah. Kedua nutrisi tersebut dibutuhkan untuk tulang yang kuat. Vitamin C dalam bengkuang juga merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang. Ditambah lagi, antioksidan flavonoid tanaman telah terbukti memperbaiki struktur tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. (ce1)