Berita Bekasi Nomor Satu
Viral  

Terancam Dipecat Karena Larang Paskibraka Kenakan Jilbab, Kepala BPIP Minta Maaf

Kepala BPIP Yudian Wahyudi (dok. BPIP)

RADARBEKASI.ID,JAKARTA-Polemik aturan Paskibraka yang dilarang mengenakan jilbab berbuntut pada seruan kepada Presiden Jokowi untuk memecat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi. Desakan untuk memecat Yudian bukan hanya datang dari masyarakat, namun juga dari sejumlah pejabat dan lembaga hukum.

Merespon hal ini, Yudian merilis permohonan maaf fan membolehkan Paskibraka mengenakan hijab saat bertugas di upaya HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN). “BPIP juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia atas pemberitaan yang berkembang terkait dengan berita pelepasan jilbab bagi Paskibraka Putri Tingkat Pusat Tahun 2024 yang menghiasi pemberitaan,” kata Yudian dalam keterangannya, Kamis (15/8).

“Paskibraka Putri yang mengenakan jilbab dapat bertugas tanpa melepaskan jilbabnya dalam pengibaran Sang Saka Merah Putih pada Peringatan HUT RI ke-79 di Ibukota Nusantara,” sambungnya.

BACA JUGA: Pemerintah Dikecam Akibat Hamburkan Dana Perayaan HUT RI di IKN Saat Maraknya Gelombang PHK

Sebelumnya, BPIP menjadi sorotan usai terjadi insiden pelepasan jilbab bagi anggota Paskibraka perempuan di momen pengukuhan. Padahal, ada 18 anggota Paskibraka perempuan yang di kehidupan sehari-harinya menggunakan jilbab.

BPIP kemudian membantah telah memaksa anggota Paskibraka perempuan untuk melepas jilbab. Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengklaim penampilan anggota Paskibraka yang tidak mengenakan jilbab adalah kesukarelaan masing-masing. (ce1)