Berita Bekasi Nomor Satu

Pertunjukan Wayang Golek Puncak Acara Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bekasi

FOTO BERSAMA: Pj Bupati Bekasi, Dedy Supriyadi, foto bersama Dalang Kiki Mardani Subasrana Suryana saat Pagelaran Wayang Golek dalam rangka malam resepsi tasyakuran Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bekasi dan HUT ke-79 RI di Plaza Pemda Kabupaten Bekasi, Jumat (23/8). PROKOPIM PEMKAB BEKASI
RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kabupaten Bekasi menyelenggarakan Pagelaran Wayang Golek dalam rangka malam resepsi tasyakuran Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bekasi dan HUT ke-79 RI.
Pertunjukan ini menampilkan Dalang Kiki Mardani Subasrana Suryana (Putra Giriharja 5) dan dibuka langsung oleh Pj Bupati Bekasi, Dedy Supriyadi, di Plaza Pemda Kabupaten Bekasi, Jumat (23/8).
Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Bekasi, Dedy Supriadi menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat, yang berbondong-bondong hadir langsung untuk menyaksikan pertunjukan wayang golek yang menjadi puncak rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bekasi.
Dirinya juga berterimakasih kepada Ki Dalang Kiki Mardani Subasrana Suryana (Putra Giriharja 5), yang telah hadir langsung untuk menyuguhkan pertunjukan wayang golek yang begitu digandrungi oleh semua lapisan masyarakat.
“Sungguh luar biasa banyak masyarakat Kabupaten Bekasi yang hadir pada malam hari ini untuk menyaksikan pertunjukan wayang golek,” ujarnya.
Menurutnya, pagelaran wayang golek merupakan salah satu warisan budaya leluhur yang patut dilestarikan. Tidak hanya sekedar hiburan, namun sebagai pengingat akan pentingnya menjaga tradisi dan nilai-nilai kearifan lokal dalam kehidupan sehari-hari.
“Wayang golek memang patut kita lestarikan sebagai budaya untuk mengajarkan kita tentang pentingnya menjaga harmoni dan keseimbangan dalam kehidupan,” jelasnya.
Di momen Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bekasi dan HUT ke-79 RI ini, pihaknya berharap Kabupaten Bekasi akan terus berkembang menjadi daerah yang maju dan dinamis serta terus meraih prestasi gemilang ditahun selanjutnya.
“Saya berharap Kabupaten Bekasi terus menunjukan eksistensinya dan meraih prestasi-prestasi gemilang di tahun-tahun selanjutnya,”  tukasnya.
Sementara itu, menurut Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha, pagelaran wayang golek selain menampilkan cerita yang sarat akan nilai-nilai kearifan lokal, juga bertujuan untuk melestarikan seni budaya wayang golek yang merupakan warisan nenek moyang.
“Kami hadirkan pagelaran wayang golek sebagai salah satu strategi menunjukan eksistensi perwayangan, juga menjaga nilai-nilai budaya leluhur,” tandasnya.
Acara ini juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada 88 pemenang dari berbagai lomba yang dilaksanakan pada rangkaian Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bekasi dan HUT ke-79 RI.
Turut hadir Unsur Forkopimda Kabupaten Bekasi, Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Kepala Perangkat Daerah terkait, para Ulama dan Tokoh Masyarakat, serta tamu undangan lainnya.(and/adv)