RADARBEKASI.ID, BEKASI – Menjelang Hari Pelanggan Nasional 2024, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi menggelarkan kegiatan rutin “refresh training” untuk meningkatkan keahlian, performa dan profesional dalam kinerja Satuan Pengamanan (satpam) yang bertugas di seluruh wilayah kerja PLN UP3 Bekasi.
Kegiatan berlangsung di pada Jumat (23/8) dengan menggandeng trainer Haleyora Powerindo yang terdiri dari pemaparan materi secara indoor dan implementasi praktek di halaman kantor PLN UP3 Bekasi.
Dalam sambutannya Manager PLN UP3 Bekasi, Donna Sinatra, mengatakan satpam merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan dan pengendalian keamanan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan maupun seluruh petugas yang berada di kantor PLN, sehingga menjadi penting untuk diadakan kegiatan peningkatan keahlian seperti ini.
“Ada 80 orang satpam yang mengikuti pelatihan. Pelatihan Service Excellent ini dibersamai oleh tim trainer Haleyora Powerindo. Melalui Service Excellent ini satpam diberikan materi tentang bagaimana layanan prima yang harus diberikan dan refreshment ketangkasan serta dasar penganggulangan bencana,” ucap Donna.
Selain itu, Donna menambahkan kegiatan tersebut juga untuk memberikan arahan tentang pentingnya kewaspadaan kepada anggota satpam yang sedang bertugas dan memberikan bekal pelatihan bela diri tongkat Polri.
Ia mengatakan, kegiatan pelatihan satpam dilakukan setiap empat kali selama satu tahun atau per triwulan yang diikuti oleh seluruh satpam yang bertugas di PLN UP3 Bekasi.
BACA JUGA: Peduli ODGJ, PLN Bekasi Salurkan Bantuan Kepada Yayasan Galuh
“Satpam yang dilatih ini semuanya sudah bersertifikat dan pelatihan ini dilakukan hanya untuk pemantapan dan peningkatan skill saja,” ujarnya.
Sementara itu, General Manager PLN UID Jawa Barat, Susiana Mutia, menyampaikan apresiasi kepada PLN UP3 Bekasi yang telah aktif menggelar kegiatan positif seperti ini. Dengan pelatihan peningkatan keahlian mampu memersiapkan diri sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 24 terkait dengan kompetensi dan tugas-tugas satpam.
“Terima kasih saya ucapkan kepada PLN UP3 Bekasi atas inisiasi positifnya pada momen jelang Hari Pelanggan Nasional. PLN memandang perlu kompetensi ini untuk ditingkatkan, karena satpam ini salah satu pengamanan dan mewakili kepolisian untuk melakukan pengamanan di tempat dia bekerja ataupun bertugas serta mampu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan yang datang,” pungkas Susiana. (oke)