Berita Bekasi Nomor Satu
Agama  

Enggan Gunakan Fasilitas Mewah, Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia Jadi Sorotan

Warga berjalan di depan dekorasi bergambar Paus Fransiskus yang terpasang di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (1/9/2024). (Fedrik Tarigan/ Jawa Pos)

RADARBEKASI.ID,BEKASI-Paus Fransiskus dikabarkan enggan menggunakan mobil mewah selama kunjungannya ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo, mengonfirmasi bahwa Paus memilih menggunakan kendaraan yang biasa digunakan masyarakat umum.

“Benar, beliau memilih mobil yang banyak digunakan oleh masyarakat, di sini Toyota Innova Zenix,” kata Suharyo yang dikutip dari Jawapos, Selasa (3/9).

Suharyo juga menyatakan bahwa Paus Fransiskus terbang ke Indonesia dengan pesawat komersial Alitalia dan tidak akan menginap di hotel selama di Jakarta.

BACA JUGA:Amankan Kedatangan Paus Fransiskus, 270 Personil Akan Diterjunkan ke Bandara Soetta

“Beliau memilih tinggal di Kedubes Vatikan di Indonesia. Yang menginap di hotel adalah rombongannya,” tambah Suharyo.

Kesederhanaan Paus Fransiskus dalam kunjungannnya ke Indonesia menjadi sorotan banyak pihak di tengah para pejabat dan orang-orang yang memiliki keistimewaan memilih untuk hidup glamour.

Salah satunya yang santer dibicarakan belakangan ini adalah anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, yang menggunakan pesawat jet pribadi untuk kunjungannya ke Amerika Serikat bersama sang istri.

BACA JUGA:Paus Fransiskus Gereja Katolik Kecam Industri Senjata Dulang Untung dari Kematian

Selama kunjungannya mulai hari ini 3 September hingga 6 September mendatang, Paus dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo, mengunjungi Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, serta memimpin misa di Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stadion Madya, di hadapan lebih dari 80.000 umat Katolik.

Saat perayaan ekaristi pada Kamis (5/9) itu, Paus akan menaikki kendaraan taktis (rantis) Maung buatan PT. Pindad. Dari atas mobil tersebut, paus akan menyapa puluhan ribu umat yang akan ikut melaksanakan misa bersamanya. (ce1)