Berita Bekasi Nomor Satu

PTS di Bekasi Dimulai September, Sekolah Persiapkan Soal dan Media Ujian  

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMK Citra Mutiara Kabupaten Bekasi mengikuti kegiatan praktek di ruang lab komputer. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Jelang Penilaian Tengah Semester (PTS), sejumah sekolah sedang melakukan berbagai persiapan kisi-kisi soal hingga media ujian yang akan disampaikan kepada siswa.

Sesuai kalender pendidikan, pelaksanaan PTS bakal dilaksanakan pada minggu ketiga sampai dengan keempat September 2024.

“Kami sudah melakukan beberapa persiapan jelang pelaksanaan PTS, dan rencananya mulai dilakukan pada minggu keempat September 2024,” ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Citra Mutiara, Kabupaten Bekasi, Prawiro Sudirjo kepada Radar Bekasi, Rabu (4/9).

Kata dia, guru juga tengah mempersiapkan kisi-kisi soal dan naskahnya, sementara sekolah juga akan membentuk kepanitiaan PTS, untuk proses pengeditan soal termasuk pencetakan soal.

BACA JUGA: Ruang Kelas Baru di Dua Sekolah Belum Dilengkapi Mebel

Lanjut Prawiro, pelaksanaan PTS bisa disesuaikan dengan sekolah masing-masing, baik secara langsung (offline) melalui lembar cetak soal maupun daring (online) menggunakan komputer ataupun gawai.

“Kalau kami memilih untuk secara offline yang menggunakan lembar cetak soal, karena untuk meminimalisir terjadi-nya gangguan jaringan,” tuturnya.

Dia menambahkan, dari pelaksanaan PTS tersebut, hasilnya akan dilakukan evaluasi, apakah ada peningkatan nilai dan juga melihat perkembangan siswa

“Memang ada evaluasi nilai yang akan dicapai para siswa. Sekaligus juga untuk mengetahui perkembangan pembelajaran di sekolah,” kata Prawiro

Hal senada juga disampaikan Kepala SMAN 1 Sukakarya Kabupaten Bekasi, Acep Hadi. Dikatakannya, pelaksanaan PTS di sekolahnya baru dilakukan pada minggu ketiga September 2024.

“Untuk pelaksanaan PTS di sekolah kami, rencananya dilakukan pada minggu ketiga  September ini, sekaligus untuk memastikan persiapan yang matang,” terangnya.

Acep menambahkan, dari hasil pelaksanaan PTS tersebut, sekolah akan melakukan evaluasi pembelajaran sebagai acuan buat guru, apakah sudah ada peningkatan pembelajaran dari masing-masing siswa.

“Evaluasi ini akan dibarengi dengan pembelajaran, dan sebagai acuan dari hasil pelaksanaan PTS tersebut,” tandas Acep. (dew)