Berita Bekasi Nomor Satu

Pendidikan Karakter jadi Prioritas di SMPN 34 Kota Bekasi, Sebulan Siswa Raih 31 Penghargaan

FOTO BERSAMA: Kepala SMPN 34 Kota Bekasi, Arief Purnama (tengah) dan sejumlah guru foto bersama dengan para siswa peraih prestasi di depan sekolah. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASISMPN 34 Kota Bekasi fokus menanamkan pendidikan karakter bagi peserta didiknya.

Kepala SMPN 34 Kota Bekasi, Arief Purnama, menyatakan bahwa saat ini pendidikan karakter merupakan salah satu fokus utama yang ditanamkan kepada para siswa.

“Kami terus berupaya memberikan yang terbaik kepada para siswa, salah satunya pendidikan karakter,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Selasa (10/9).

Arief menjelaskan pendidikan karakter yang dimaksud mencakup disiplin, tanggung jawab, menumbuhkan mental juara, sportivitas, dan rasa cinta terhadap almamater. 

“Ada tiga poin karakter yang kami tanamkan kepada siswa yaitu karakter disiplin, tanggung jawab, dan juga mental juara. Nah mental juara ini dibuktikan dari berbagai prestasi yang diraih, baik itu bidang akademik maupun non akademik,” tuturnya.

Mental juara ini dikembangkan melalui berbagai ekstrakurikuler di sekolah. Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) juga turut mendorong siswa untuk meraih prestasi dan membentuk karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Melalui program ekstrakurikuler dan P5, kami mendorong siswa untuk meraih prestasi sesuai dengan kemampuan masing-masing,” ucapnya.

BACA JUGA: Sekolah Siap Hadapi Survei Lingkungan Belajar  

Sebagai informasi, berbagai prestasi yang diraih oleh siswa SMPN 34 pada September ini antara lain prestasi akademik atas nama Nuri Prasetya juara 1 sains tingkat nasional. Sementara untuk prestasi non akademik atas nama Hayran Izzi Kurnia,  meraih juara 2 kejuaraan Karate Makassar, juara 3 Kejurnas Karate Gojukai Jaksa Agung Cup 2024 kategori perorangan, juara 2 Kejurnas Karate Gojukai Jaksa Agung Cup 2024, kategori beregu, dan juara 2 Kejurnas Karate Gojukai Jaksa Agung Cup 2024, kategori bunkai.

Selain itu, grup futsal putri meraih juara 1 tingkat Kota Bekasi, ekstrakurikuler Pramuka pada kegiatan lomba  kreatifitas regu prestasi Kwarcab Kota Bekasi, Regu Putra Marabunta meraih 10 penghargaan.

Selanjutnya, ekstrakurikuler Pramuka regu Putri Asoka pada kegiatan lomba kreatifitas regu prestasi Kwarcab Kota Bekasi, meraih 8 penghargaan, juara 1 kejuaraan Pengda DKI Open Office, atas nama Benediktus Eduardo Reynier Latuny, dan kejuaraan pencak silat tingkat nasional, meraih 6 penghargaan.

“Total piala penghargaan yang diraih 31 dan berhasil dikumpulkan siswa selama September ini. Saya selaku kepala sekolah, selalu mendukung dan mengapresiasi apapun kejuaraan yang diikuti oleh para siswa,” terang Arief. (dew)