Berita Bekasi Nomor Satu

Kriminolog Dorong Pemda Tingkatkan Pencegahan Kriminalitas di Bekasi

ILUSTRASI: Tersangka kasus kriminalitas. FOTO: ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kabar mengenai kriminalitas  di Kota maupun Kabupaten Bekasi sudah tidak asing di telinga masyarakat. Untuk menangani masalah ini, pemerintah daerah (pemda) diharapkan berperan aktif dalam pencegahan.

 

Menurut Kriminolog Universitas Indonesia, Bagus Sudarmanto, langkah-langkah pencegahan perlu diperkuat, salah satunya dengan memasang CCTV di titik-titik rawan.

 

CCTV dapat berfungsi sebagai alat bukti dalam tindak kejahatan. Selain itu, peningkatan kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan juga penting, seperti menghidupkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) untuk patroli rutin.

Kriminolog Universitas Indonesia, Bagus Sudarmanto

“Termasuk akses-akses jalannya. Bisa juga menghidupkan kembali Siskamling untuk patroli rutin, antar tetangga dibuat saling mengenal dan peduli sehingga menjadi pengawas yang efektif,” kata Bagus.

 

Untuk mengatasi kejahatan jalanan seperti begal, perlu ada peningkatan frekuensi patroli oleh polisi dan petugas keamanan lainnya.

 

Pemerintah daerah juga diharapkan memperkuat pencegahan dengan memastikan penerangan jalan yang memadai dan melakukan edukasi masif kepada masyarakat.

 

Beberapa langkah yang disarankan termasuk menghindari berjalan sendirian di malam hari dan menjauhi ruas jalan yang sepi.

 

“Selain itu pastikan jalan-jalan utama dan gang-gang kecil memiliki penerangan yang memadai untuk mengurangi resiko kejahatan,” ucapnya. (sur)