Berita Bekasi Nomor Satu
Gempa  

Gempa Guncang Kabupaten Bandung, Sejumlah Bangunan Rusak  

Gempa berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang Kabupaten Bandung pada Rabu (18/9).  Akibatnya, sejumlah bangunan rusak. FOTO: TANGKAPAN LAYAR

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Gempa berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang Kabupaten Bandung pada Rabu (18/9).  Akibatnya, sejumlah bangunan rusak.

Dalam keterangannya, Pranata Humas Ahli Muda BPBD Jabar, Hadi Rahmat, menyatakan bahwa data sementara gempa mengakibatkan satu unit fasilitas kesehatan di Desa Cihawuk Kecamatan Kertasari mengalami kerusakan. Selain itu, satu fasilitas kesehatan, satu unit Polsek, dan satu bangunan KUA di Desa Cibereum Kecamatan Kertasari, juga rusak.

Sementara itu, jumlah korban yang terdampak masih dalam proses pendataan. Belum diketahui secara pasti ada atau tidaknya korban luka maupun tewas dalam peristiwa tersebut.

BACA JUGA: 5 Kali Gempa Susulan di Wilayah Ini Imbas Gempa Bandung Raya

Berdasarkan unggahan akun resmi Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG), gempa terjadi pukul 09.41 WIB.

“Lok:7.19 LS,107.67 BT (24 km Tenggara KAB-BANDUNG-JABAR), Kedlmn:10 Km ::BMKG),” tulis akun resmi BMKG.

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, episenter gempa di Kabupaten Bandung ini terletak pada koordinat 7,23° LS ; 107,65° BT.

“Atau tepatnya berlokasi di darat 25 km tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada kedalaman 10 km,” tuturnya.

Ia juga mengatakan bahwa gempa ini dirasakan di Majalaya intensitas III-IV MMI, Banjaran III MMI, Lembang, Parompong, Bandung Barat, Baleendah, Garut, Cileunyi II-III MM. (oke/jpc)