Berita Bekasi Nomor Satu

Kelurahan Bahagia Perhatikan Pendidikan Warga

TUNJUKKAN PIAGAM: Lurah Bahagia, Khoirul Anwar, menunjukkan piagam penghargaan Anugerah ASN kategori Jabatan Pengawas 2024. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kelurahan Bahagia memberikan perhatian terhadap pendidikan warganya melalui program “Sekarpet Bahagia,” akronim dari Sekolah Kejar Paket A, B, dan C. Program ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Khoirul Anwar menjelaskan, program ini merupakan salah satu upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang pendidikan. Menurutnya, program ini berkolaborasi dengan Yayasan Nara Kreatif.
Tujuan dari program ini, lanjut Anwar, untuk memberikan akses pendidikan seluas-luasnya bagi masyarakat Kelurahan Bahagia yang belum menyelesaikan pendidikan dasar, menengah pertama, dan menengah atas.

“Program ini membuka akses pendidikan bagi mereka yang tertinggal atau belum sempat menyelesaikan pendidikan formal di jenjang SD (Paket A), SMP (Paket B), atau SMA (Paket C),” jelasnya.

BACA JUGA: Pemkab Bekasi Apresiasi Kafilah MTQ Nasional

Dikatakannya, program ini dilatarbelakangi oleh kepedulian pemerintah Kelurahan Bahagia terhadap hak pendidikan warganya sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar Pasal 31 ayat 1 dan 2.

“Program ini juga bertujuan menekan angka pengangguran di Kelurahan Bahagia akibat ketidakmampuan bersaing secara administratif,” ucap Anwar.

Sejak diluncurkan pada 2023, program ini mendapat antusiasme yang tinggi, dengan 100 peserta didik yang sebagian besar merupakan warga Kelurahan Bahagia.

“Diharapkan program ini dapat berjalan efektif dan efisien, sehingga dapat meningkatkan akses pendidikan bagi masyarakat yang tidak memiliki ijazah sekolah dan membantu mereka mendapatkan kehidupan yang lebih baik,” katanya.

Program yang diinisiasi oleh Khoirul Anwar, berhasil mengantarkannya meraih juara pertama dalam Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) kategori Jabatan Pengawas 2024, yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bekasi. (and)