Berita Bekasi Nomor Satu

Coach Usman Apresiasi AXIS Nation Cup 2024 dan Beri Pesan Penting untuk Pemain

TURNAMEN: Turnamen futsal AXIS Nation Cup 2024 di GOR Hall Basket Kota Bekasi, Sabtu (14/9). FOTO: ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Coach Usman Alatas dari Fafage Bauna turut memantau turnamen futsal AXIS Nation Cup 2024 Preliminary Bekasi yang berlangsung di GOR Hall Basket Kota Bekasi.

Kepada Radar Bekasi, Coach Usman, bilang AXIS Nation Cup 2024 acara yang cukup menarik karena skalanya nasional.

“Saya sangat senang karena AXIS dapat mengadakan event antar-SMA dengan skala nasional. Ini sangat berguna untuk perkembangan teman-teman SMA yang ingin melanjutkan karier mereka di dunia futsal,” ungkap Coach Usman.

Menurutnya, potensi pemain futsal di Indonesia, khususnya Bekasi, tidak akan pernah habis. Namun, Coach Usman menekankan bahwa ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki.

“Potensi itu tidak akan pernah habis. Secara individu, skill teman-teman di Bekasi sangat luar biasa. Cuma ada beberapa yang harus ditreatment, diperbaiki secara visi bermain futsal,” ujarnya.

Untuk perbaikan, Coach Usman menyarankan agar pemain terus berlatih untuk mengembangkan potensi individunya. Para pemain juga harus mendengarkan instruksi pelatih dan menerapkannya dalam pertandingan.

“Kedua selalu jaga attitude dalam bermain, sportivitas, nggak saling menjatuhkan, nggak saling menciderai, respect sama teman-teman yang lain,” ujarnya.

BACA JUGA: AXIS Nation Cup 2024 Wadahi Pelajar Nggak Cuma jadi Jagoan Futsal di Sekolah  

Coach Usman percaya bahwa AXIS Nation Cup 2024 dapat menghasilkan pemain futsal profesional meskipun prosesnya memerlukan waktu, mengingat usia para pemain yang masih di bawah 17 tahun. Ia memberikan beberapa pesan kepada pemain yang bertanding.

“Selalu berlatih dengan giat, jaga kondisi badan, konsumsi makanannya, dengarkan apa yang diinstruksikan oleh pelatih dan pasti attitude sebagai pemain harus dinomorsatukan,” ujarnya.

Coach Usman menegaskan bahwa memiliki kemampuan individu saja tidak cukup dalam futsal. Sebab, futsal merupakan permainan yang membutuhkan kerja sama tim.

“Nggak cuma skill individu. Skill individu akan hilang gitu kalau kita nggak punya attitude. Karena futsal permainan grouping, teamwork bukan individual. Kalau dia nggak respect sama temannya, bagaimana bisa kerja sama dengan yang lain,” ujarnya.

Dirinya berharap AXIS Nation Cup 2024 dapat menjaga bibit pemain futsal profesional. Selain itu, tak kalah penting dapat meningkatkan kualitas hidup pemain.

“Pertama, bibit muda harus selalu terjaga untuk regenerasi pemain mendatang sehingga tidak terjadi ketimpangan. Kedua, berusaha untuk meningkatkan derajat hidup melalui futsal. Bismillah, mereka pasti bisa,” pungkasnya. (adv)