Berita Bekasi Nomor Satu

Revitalisasi Jalan Inspeksi Kalimalang Dirasakan Masyarakat Kabupaten Bekasi

DUA JALUR: Pengendara melintasi Jalan Inspeksi Kalimalang di Cibitung, Senin (23/9). Pemkab Bekasi terus menata Jalan Inspeksi Kalimalang untuk kelancaran mobilitas masyarakat. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Revitalisasi ruas Jalan Inspeksi Kalimalang dari batas Kota Bekasi sampai Karawang sudah mulai dirasakan oleh masyarakat. Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi (SDABMBK) mengalokasikan anggaran sebesar Rp120 miliar dalam APBD 2024 untuk kegiatan tersebut.

Kepala Dinas SDABMBK Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln, mengakui bahwa belum semua area tersentuh perbaikan. Namun sejumlah titik jalan sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

BACA JUGA: Jalan Inspeksi Kalimalang Makin Terang 2025

“Kita bisa lihat memang belum semua pemerataan perbaikan. Namun untuk beberapa spot jalan sudah dapat dirasakan masyarakat,” kata Henri.

Henri menjelaskan bahwa perbaikan dilakukan dengan pengecoran beton. Setelah itu langsung dilakukan pengaspalan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna jalan.

ASPAL BARU: Pengendara melintasi Jalan Inspeksi Kalimalang di Cibitung, Senin (23/9). Pemkab Bekasi terus menata dan memperbaiki Jalan Kalimalang untuk kelancaran mobilitas masyarakat. ARIESANT/RADAR BEKASI

Selain perbaikan jalan, Henri juga menyampaikan bahwa pihaknya membuat beberapa titik drainase di sisi Jalan Inspeksi Kalimalang agar air tidak menggenang saat hujan.

Menurut Henri, pemerintah menghadapi keterbatasan anggaran dalam revitalisasi Jalan Inspeksi Kalimalang. Kendati demikian, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan infrastruktur jalan demi kenyamanan masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Dengan keterbatasan anggaran, kami maksimalkan untuk memberikan pelayanan infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Bekasi khususnya,” ucapnya.

Henri menambahkan, tahun depan Jalan Inspeksi Kalimalang akan menjadi ikon Kabupaten Bekasi dan akses utama untuk melintasi perbatasan Kota Bekasi dan Kabupaten Karawang.

“Ini merupakan kebijakan pemerintah daerah untuk menjadikan Jalan Inspeksi Kalimalang sebagai kebanggaan Kabupaten Bekasi, dengan perbaikan dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan keuangan daerah,” tutupnya. (and/*)